Sunday 5 April 2015

Ranu Agung Danau Eksotis Proboliggo

Ranu Agung ? Sudah pernahkah Anda mendengar objek wisata yang satu ini ? Bagi Anda semua yang belum pernah mengenal Ranu Agung, ini adalah salah satu potensi wisata berupa sebuah danau yang luar biasa indah dan Anda wajib untuk mencobanya. 



Ranu Agung atau Danau Agung adalah sebuah danau vulkanik yang terbentuk dari Gunung Lamongan atau Lemongan yang masih aktif. Ranu Agung memiliki view yang luar biasa dengan tebing-tebing tinggi pada salah satu sisinya. Jika Anda bertanya-tanya di mana letak objek wisata yang satu ini, Ranu Agung terletak di Desa Ranu Agung, Kecamatan Tiris, Probolinggo. Sekitar 40 km dari pusat kota dengan ketinggian 525 mdpl. 

Ranu Agung dikelilingi oleh perbukitan yang masih dipenuhi oleh hutan atau pepohonan hijau yang masih asri. Udaranya sangat segar dan airnyapun masih sangat jernih. Keindahan dinding-dinding di samping ranu semakin menambah keindahan dan keelokan ranu ini. Disini kita juga bisa melihat keindahan Gunung Lemongan secara dekat.

Untuk mencapai Ranu Agung sendiri dari pertigaan Pajarakan, kita terus ke arah selatan kira-kira 20 km ada pertigaan di Desa Betek Kecamatan Krucil, terus kita ambil arah kanan menuju Tiris. Dari sini sekitar perjalanan ditempuh 25 km lagi.  

Disini kita bisa berkeliling danau dengan menggunakan perahu dari bambu atau biasanya kita menyebutnya getek. Di dekat Ranu Agung sendiri juga terdapat banyak wisata lain seperti wisata arung jeram, Candi Kedaton yang merupakan candi peninggalan kerajaan majapahit serta Perkebunan Teh Lawang Kedaton.




Bagi Anda yang berkunjung ke Probolinggo jangan lupa untuk menyempatkan diri untuk berkunjung ke wisata ini. Jangan lupa sempatkan juga menuju Desa Bremi yang merupakan pintu masuk pendakian Gunung Argopuro yang terdapat beberapa air terjun dan juga Danau Taman Hidup yang tak kalah indahnya.

Bagikan

Jangan lewatkan

Ranu Agung Danau Eksotis Proboliggo
4/ 5
Oleh

Subscribe via email

Suka dengan artikel di atas? Tambahkan email Anda untuk berlangganan.