Tuesday 3 February 2015

Sensasi Indahnya Air Terjun Madakaripura

Menikmati Indahnya Air Terjun Madakaripura


Air Terjun Madakaripura adalah salah satu air terjun yang terletak di Kecamatan Lumbang, Probolinggo. Air terjun ini adalah salah satu air terjun di kawasan Taman Nasional Bromo Tengger Semeru (TNBTS). Air Terjun Madakaripura berbentuk ceruk yang dikelilingi bukit-bukit yang meneteskan air pada seluruh tebingnya seperti layaknya sedang hujan. 3 diantaranya bahkan mengucur deras membentuk air terjun lagi.

Air Terjun Madakaripura dapat dicapai dari Malang ataupun Probolinggo. Dari Probolinggo kita bisa naik bus besar ke arah Tongas dan turun di pertigaan TOngas dan selanjutnya perjalanan dilanjutkan dengan naik angkot.

Perjalanan dari Tongas menuju air terjun ini penuh dengan pemandangan yang indah tapi dengan jalan tidak cukup nyaman. Tapi semua itu akan terbayar ketika kita sampai di pintu gerbang Madakaripura. Disini tidak ada tiket masuk tapi kita akan ditawari jasa guide lokal yang juga bisa membawakan tas carrier Anda.
Perjalanan dari sini ke air terjun sangatlah indah dan memanjakan mata dengan pemandangan pohon-pohon besar dan udara yang sangat segar. Kita juga akan melewati sungai-sungai. Disini disarankan untuk memakai sepatu yang kuat ataupun sendal gunung. Perjalanan yang ditempuh sekitar 1 jam dan setelah itu Anda akan mulai merasakan dinginnya sekitar dan juga cipratan air yang meloncat-loncat ke tubuh. Maka dari itu disarankan juga untuk membawa baju ganti ataupun membawa jas hujan. Kita masih akan berjalan sedikit lagi untuk bisa menikmati air terjun utamanya.
Kita masih harus menaiki tebing yang cukup licin dan sempit, tapi sekali lagi itu akan terbayar dengan begitu kita melihat air terjun utama yang berdinding melingkar, jadi terlihat seperti kita berada di dalam botol.

Mitos yang didapat dari air terjun Madakaripura adalah kita disarankan untuk meninggalkan tempat ini sebelum jam 2 siang karena akan sering terjadi hujan pada jam-jam ini yang bisa mempengaruhi tingkat air di sekitar air terjun yang cukup berbahaya dan memungkinan kita sulit untuk meninggalkan tempat ini.


Berikut ini juga tips tips jika kita berkunjung ke Air Terjun Madakaripura :
1. Gunakan pakaian dan alas kaki yang nyaman
 Demi kenyamanan dan keamanan dalam melintasi sungai sebaiknya gunakan pakaian yang nyaman seperti celana pendek dan kaos. Selain itu juga gunakan alas kaki seperti sendal anti selip atau sendal jepit. Namun bila kamu terlanjur menggunakan alas kaki yang tak nyaman, di sekitar lokasi juga terdapat tempat yang menjual sendal dengan harga 15-20 ribu.

2. Setelah memarkirkan kendaraan bermotor, sebaiknya Anda bilang pada tukang parkir agar tidak usah mencuci motor kamu tanpa persetujuan terlebih dahulu dan menarik biayanya sewaktu pulang. Biaya yang ditarik untuk pencucian ini adalah sukarela.

3. Bawalah kantong plastik yang cukup
 Namanya juga air terjun, pasti yang ada hanyalah basah-basahan . Jadi bawalah kantong kresek atau plastik untuk tempat pakaian yang basah. Selain itu juga bawalah jas hujan bila kamu tidak mau berbasah-basahan, karena dilokasi air terjun ini dijamin kamu akan basah kuyup.

4. Bila ada penduduk menawarkan diri sebagai pemandu atau guide, sebaiknya tentukan ongkos jasa tersebut jika Anda benar-benar ingin memakai jasa pemandu. Biasanya pemandu akan menawarkan jasa dengan ongkos sukarela namun ada baiknya kamu mencapai kesepakatan terlebih dahulu agar tidak menyesal dikemudian.

5. Sebaiknya berkunjung ke air terjun ini jangan sewaktu musim hujan karena daerah ini rawan longsor. Jadi bila terlihat cuaca tak bersahabat segera tinggalkan tempat ini demi keselamatan Anda.



Bagikan

Jangan lewatkan

Sensasi Indahnya Air Terjun Madakaripura
4/ 5
Oleh

Subscribe via email

Suka dengan artikel di atas? Tambahkan email Anda untuk berlangganan.