Monday, 16 March 2015

Coban Sewu Destinasi Air Terjun Eksotis

Coba Sewu ?  Mungkin ada yang belum pernah tahu atau bahkan ada yang belum pernah mendengarnya. Coban Sewu atau bisa disebut Air Terjun Tumpak Sewu adalah sebuah destinasi wisata baru yang terletak di Desa Sidomulyo, Kecamatan Pronojiwo, Lumajang. Karena masih baru sehingga masih sedikit info-info mengenai wisata air terjun ini dan belum banyak terdengar di kalangan wisatawan.



Kini Coban Sewu mulai menjadi perbincangan dan menjadi destinasi kunjungan wisatawan lokal. Awalnya memang oleh warga sekitar disembunyikan dikarenakan takut atau khawatir tidak terawat oleh pemerintah seperti Goa Tetes.
Warga sekitar baru mulai percaya setelah pemerintah mulai memperhatikan tempat wisata alam seperti B-29. Warga berharap pemerintah dengan adanya objek wisata baru segera melakukan pengembangan.

Untuk menuju Coban Sewu kita perlu menuju Lumajang kemudian setelah di tugu perbatasan antara Kabupaten Lumajang dan Malang sekitar 100 meter sebelum tugu tersebut ada gang turun pada kiri jalan jika kita dari arah Lumajang. Kemudian kita lurus saja sampai sungai, lalu motor diletakkan di gubuk penambang pasir. Perjalanan dilanjutkan dengan berjalan kaki menyusuri sungai sekitar 200 meter, baru setelah itu kita akan menemukan air terjun ini.

Tempat ini disebut Coba Sewu karena dari segi bahasa coban berarti air terjun dan sewu berarti seribu. Mengapa seribu karena air terjun ini aliran air dari atas sangatlah banyak sepanjang tebing. Air terjun ini sangat tinggi sampai-sampai terasa seram mengambil foto dari atas tebing.



Rute yang telah disebutkan tadi adalah untuk melihat air terjun dari atas. Tapi jika kita ingin melihat air terjun dari bawah maka kita dapat turun melalui Goa Tetes yang kemudian dilanjutkan dengan berjalan menyusuri sungai melawan arus.
Coban Sewu berbeda dengan wisata air terjun lainnya, karena tergolong wisata yang ekstrim yang identik dengan petualangan. Kita harus menyusuri sungai, naik turun di tebing yang licin penuh lumut. Harus ekstra hati-hati untuk melewatinya, oleh karena itu wisata ini juga bisa dibilang wisata yang ekstrim.

Tapi tenang saja, pengorbanan dan perjalanan kita tidak akan sia-sia, karena jika sudah sampai kita akan disuguhi pemandangan yang begitu eksotis. Kejernihan airnya dan tempat yang masih terjaga keasriaannya. Air terjun ini sangatlah cocok untuk mereka yang hobi dengan fotografi dan petualangan.

Makanya jangan lupa jika ke Lumajang mampir ke tempat ini, dijamin gak bakalan rugi. Kita bisa mengunjungi dua air terjun sekaligus yakni satunya adalah goa tetes yang tak kalah indah dengan coban sewu. Letaknya pun juga berdekatan karena satu jalur.





Tips Menuju Coban Sewu :

Berikut ini sedikit tips dan saran yang bisa digunakan sebagai bekal sebelum menuju Coban Sewu. Semoga nantinya dapat membantu. Yang perlu diperhatikan adalah sebagai berikut :
  1. Bawalah Sendal atau sepatu outdoor
    Sangat disarankan untuk memakai sepatu atau sendal dengan gerigi atau standar outdoor karena akan sangan berguna untuk menuruni tebing-tebing yang curam serta medan batuan cadas berlumut yang amat licin.
  2. Disarankan memakai jasa guide
    Jangan pernah mencoba untuk mencari jalan sendiri. Jalannya sulit diprediksi dan sebenarnya memang tidak ada. Hanya warga sekitar yang biasa mencari rumput yang menerobos jalan dan membuatnya dapat dilewati wisatawan.

  3. Simpan dan amankan Alat Elektronik
    Bungkus alat elektronik dengan plastik dan masukkan dalam tas. Hal ini dikarenakan kita menyusuri sungai dan desiran angin yang membawa butiran-butiran air menerpa kita. Jadi agar tidak basah terkena air.

  4. Membawa tali akan sangat membantu
    Kalau rombongan patut kiranya untuk membawa tali karena lebih aman.

  5. Makanan dan minuman
    Bawalah camilan dan air mineral, karena dipastikan tidak ada penjual disana, karena ini masih alam liar. Jadi jangan bayangkan ada penjual cilok atau makanan lainnya disana.

  6. Matangkan persiapan
    Sebagai referensi saja :
    - Dari Tempeh - Goa Tetes (60 menit)
    - Turun sngai via Goa Tetes (30 menit)
    - Menyusuri sungai - Coban Sewu (20 menit)
    - Naik sungai - Goa Tetes (45 menit)

  7. Perhatikan cuaca
    Pastikan Anda memperhatikan cuaca sebelum kesana, karena tidak mungkinkan jika cuaca lagi mendung dan berada disana ketika hujan? Terus perhatikan timing waktu, jangan sampai turun sudah terlalu sore, karena akan berbahaya jika hari sudah gelap.


Bagikan

Jangan lewatkan

Coban Sewu Destinasi Air Terjun Eksotis
4/ 5
Oleh

Subscribe via email

Suka dengan artikel di atas? Tambahkan email Anda untuk berlangganan.

48 comments

Tulis comments
avatar
27 July 2015 at 17:11

Wah ternyata di Lumajang banyak juga wisata alam seperti air terjun ya... tak kalah dengan Jember Banget. Katanya dari Coban sewu menyusuri sungai masih ada air terjun lagi ya? Aduh lupa saya namanya apa, biru apa gitu lho...

Reply
avatar
27 July 2015 at 22:23

iya mas, dideket coban sewu ada air terjun juga namanya goa tetes
gak kalah bkeren

Reply
avatar
9 August 2015 at 10:20

katanya sih extrem harus hati2 bgt...ada Pengunjung yg mati tuh kpleset.

Reply
avatar
12 August 2015 at 19:42

Bukan tetes mas, Kapas Biru kalo gak salah...

Reply
avatar
29 August 2015 at 21:16

saya sudah kesana Mas.. disampingnya bener ada air terjun Goa Tetes namanya

Reply
avatar
29 August 2015 at 21:17

iya gan dulu ada anak UM meninggal karena terjatuh

Reply
avatar
Anonymous
13 September 2015 at 07:56

Mas kalo boleh tau biaya masuk wisata n biaya parkir busnya berapa ya? Trims

Reply
avatar
13 September 2015 at 09:36

Hati2 extremely banget tuh jalurnya

Reply
avatar
21 September 2015 at 17:39

menyewa jasa guide bayar brp mas

Reply
avatar
23 September 2015 at 04:45

kurang tau ya kalo bus, kalo parkir sepeda motor 5000, biaya masuknya seingatku juga 5000

Reply
avatar
2 October 2015 at 06:03 This comment has been removed by the author.
avatar
2 October 2015 at 06:04

mantap gan pemandangannya luar biasa
salam kenal dari kami
www.nolimitadventure.com

Reply
avatar
3 October 2015 at 03:35

makasih gan...
salam kenal dan salam lestari.. (y)

Reply
avatar
16 October 2015 at 06:00

itu jalurnya cuma lewat situ aja ya om?

Reply
avatar
17 October 2015 at 02:44

Enggak gan, ada beberapa jalur disitu, ada yg lewat air terjun goa tetes, ada juga yg turun lewat tangga bambu tapi curam.

Reply
avatar
11 December 2015 at 05:29

makasih gan..liburan ane rencana ke situ ,cari yg ekstrim..soalnya bromo lagi dlm status "waspada",jadi bkn ke cuban rondo tp ke cuban sewu..hehe :D

Reply
avatar
14 December 2015 at 02:18

Yg sy tau kalo kau tubing per org byr 120rb, sy si kmrin ke sana lewat jagalan dampit

Reply
avatar
15 December 2015 at 06:54

iya Gan.. have fun buat liburannya (y)

Reply
avatar
20 December 2015 at 01:30

Iya,parkir 5000 dan tiket 5000

Reply
avatar
25 December 2015 at 07:13

wisata super extreem yg wow!!! thanks buat referensinya. saya baru saja ke coban sewu....dan benar2 speechless indahnya

Reply
avatar
25 December 2015 at 08:59

kal0 dari b29 menuju g0a tetes jauh ya

Reply
avatar
27 December 2015 at 17:34

bang rencananya saya berangkat dari sini itu sore bang jadi kemungkinan sampai sana malam kira2 kalo ngecamp di sana ada tempat gak buat diriin tenda ????

Reply
avatar
2 January 2016 at 20:16

pengen ke sana, tapi sudah habis liburannya. ini juga beberapa list air terjun di malang dan sekitarnya yang pecah abis :)

Reply
avatar
5 January 2016 at 06:34

sorry bang telat bales, lagi sibuk TA.
kalo ngecamp di lokasi air terjun ya kagak bisa, bisa mungkin di parkiran atas..
banyak rumah warga kog sebelum turun ke coba sewunya

Reply
avatar
21 January 2016 at 22:10

wuhhh ini tempat keren gan mantap....

Reply
avatar
28 January 2016 at 20:00

Ya kalo nyebrang sungai ramai-ramai biar aman gan, apalagi kalau musim ujan, arusnya bisa deras gan.. Salam lestari

Reply
avatar
3 February 2016 at 07:19

Ini Kalo dari st. Malang kearah mana ya? Kira2 perjalanan berapa lama? Thnks.

Reply
avatar
5 February 2016 at 23:17

kalo dari stasiun malang, naik angkutan ke terminal arjosari.. dari terminal naik bus jurusan lumajang bilang turun di ampelgading di coban sewu atau tumpak sewu.
Perjalanan sekitar 2 jam an

Reply
avatar
24 March 2016 at 05:11

Bang kalo bawa mobil kesana tempat parkirnya sama kayak motor atau gimana??
Oh ya minggu" ini aman gak ya kalo mau ke coban sewu..

Reply
avatar
25 March 2016 at 08:29

iya disana udah ada parkir juga buat mobil. Kalo minggu ini kurang tau ya, soalnya tergantung cuaca, kemarin saya kesana lagi tapi pas hujan deras, jadi langsung disuruh naik takut kalo banjir

Reply
avatar
11 April 2016 at 21:04

wah ni emang spot keren bin keceehhh mashaAllah kapan" ke sana lagi dah

Reply
avatar
23 May 2016 at 08:42

Akses jalan menuju kesana dengan roda 4 gmna gan? apakah jg ekstrim?

Reply
avatar
27 May 2016 at 05:50

aksesnya enak gan, tinggal masuk sedikit dari jalan raya

Reply
avatar
28 July 2016 at 07:31

Belum kesampaian. InsyaAllah

Reply
avatar
30 July 2016 at 00:57

smoga segera kesampaian amiin

Reply
avatar
16 August 2016 at 07:32

Sewa pemandu kira2 berapa ya gan ?

Reply
avatar
16 August 2016 at 15:59

Gak usah pemandu gpp gan, entar banyak barengan kog

Reply
avatar
14 September 2016 at 08:51 This comment has been removed by the author.
avatar
14 September 2016 at 08:53

Setiap hari nya ada wisatawan nggak walau hari" biasa,atau perlu nyewa pemandu

Reply
avatar
14 September 2016 at 08:56

Setiap hari nya ada wisatawan nggak walau hari" biasa,atau perlu nyewa pemandu

Reply
avatar
15 September 2016 at 05:49

setiap hari2 selalu ada wisatawan,cuman kalau pas hujan deras tidak boleh turun karena takut banjir dadakan.
gak perlu sewa pemandu bisa kog, sudah ada petunjuknya

Reply
avatar
11 November 2016 at 17:38

OKeee Mencoba browsing mencari Info Paket Backpacker Karimunjawa yang menyediakan Paket Wisata Karimunjawa Murah dan mau nyari barang-barang funiture HD Furniture Jepara

Reply
avatar
24 December 2016 at 05:31

gan, biaya tubing berapa? n akhir2 ini masih sering ujan gak sana?

Reply
avatar
21 January 2017 at 22:54

Mantap mas, makasih infonya

Reply