Monday 16 March 2015

Jalur Pendakian Gunung Sindoro via Kledung

Gunung Sindara atau biasa disebut Sindoro atau juga Sundoro merupakan sebuah gunung vulkano aktif yang terletak di Jawa Tengah, tepatnya di antara Temanggung dan Wonosobo. Gunung Sindoro terletak berdampingan dengan Gunung Sumbing layaknya Gunung Merapi dan Gunung Merbabu. Keduanya berdiri kokoh di batas Temanggung sebelah barat dan sebelah timur kota Wonosobo.

Gunung Sindoro memiliki ketinggian 3.153 Mdpl dan mempunyai kawah disertai dengan jurang yang dapat ditemukan di sisi barat laut ke selatan gunung dan terbesar disebut Kembang. 

Untuk mendaki gunung ini sebenarnya terdapat beberapa jalur yakni :
- Jalur Kledung (Temanggung)
- Jalur Sigedang/Sikatok (Wonosobo)
- Jalur Sibajak (Temanggung)
- Jalur Jlumprit (Dusun Katekan)

Diantara jalur di atas hanya 2 jalur populer yang sering dilewati pendaki yakni jalur Kledung dan jalur Sigedang (jalur tercepat). 

Untuk sampai di basecamp pendakian via Kledung, apabila datang dari arah barat akses yang paling cepat naik bus jurusan Wonosobo, kemudian naik bus kecil jurusan Magelang dan turun di Desa Kledung. Desa ini berada di sebelah kiri jalan saat menuju arah kota Magelang dengan waktu tempuh sekitar 30 - 40 menit. 
Jika dari arah timur sebaiknya dari Magelang dan kemudian menaiki bus kecil jurusan Wonosobo dan turun di Desa Kledung.



Jalur Pendakian

Dari basecamp Kledung menuju pos 1 menghabiskan waktu sekitar 1 jam perjalanan dengan melalui jalan makadam atau batu, selanjutnya kita akan menjumpai pos bayangan yang biasanya merupakan pangkalan ojek yang menawarkan jasanya pada para pendaki. Namun sebenarnya dari basecamp sampai pangkalan ojek ini juga dapat ditempuh dengan ojek untuk mempersingkat waktu pendakian. Pos 1 sendiri tidak jauh darisini, hanya naik sedikit maka kita akan sampai di Pos 1.



Pos 1 adalah sebuah bangunan yang juga berfungsi sebagai warung penduduk. Dari pos ini dilanjutkan dengan melintasi jalan setapak sedikit menanjak. Jalan setapak jelas sekali sepanjang jalur pendakian dengan ditumbuhi oleh pohon-pohon penghijauan salah satunya pohon lamtoro. Waktu yang diperlukan dari pos 1 menuju pos 2 adalah sekitar 1-1,5 jam.

Pos 2 terdapat sebuah pondok tanpa dinding yang berada persis di pinggir jalan tepat setelah kita berjalan naik. Pos ini hanya berupa tempat peristirahatan sementara dan tidak ada sumber airnya. Biasanya juga ada pendaki yang ngecamp di tempat ini.

Dari Pos 2 menuju Pos 3 jalur pendakian mulai terbuka dan juga semakin menanjak jalannya. Jalan setapaknya mulai didominasi dengan batu. Dari sini kita dapat melihat view Gunung Sumbing dengan jelas yang berdiri kokoh di samping Gunung Sindoro. Waktu yang diperlukan dari Pos 2 menuju Pos 3 adalah sekitar 2-3 jam.



Pos 3 sendiri merupakan sebuah dataran yang cukup luas persis berada di atas punggungan bukit. Lokasi ini sering dijadikan sebagai tempat camp para pendaki. Di pos ini juga tidak terdapat sumber mata air. Selain itu Pos 3 juga sering digunakan untuk lokasi warung para penduduk pada musim-musim ramai pendakian. Trek pendakian dari Pos 3 ke Pos 4 cukup curam dan terkadang tanjakannya sedikit susah untuk dilalui.

Selepas Pos 3 jalur pendakian mulai memasuki kawasan yang lumayan rimbun oleh pohon lamtoro tetapi tidak berlangsung lama kita akan kembali pada trek yang terbuka lagi. Disini banyak ditumbuhi alang-alang dan jalan setapaknya dipenuhi oleh bebatuan. Dari sini kita juga sudah bisa menikmati pemandangan yang begitu indah. Dari Pos 3 menuju Pos 4 butuh waktu sekitar 2 jam.

Pos 4 atau Pos Batu Tatah tidak begitu jelas karena tidak terdapat bangunan dan ciri-ciri khusus. Pos ini hanya berupa sebuah dataran dimana terdapat batu-batu di tumpuk. Di sekitarnya ada beberapa dataran lagi namun cukup berjauhan letaknya. 

Di pos 4 kita disarankan untuk tidak mendirikan tenda disini karena angin akan mudah menerjang tenda selain itu juga rawan oleh petir.  Dari pos ini perjalanan kembali dilanjutkan dan kita akan melewati hutan lamtoro. Di Gunung Sindoro sendiri memang sangat banyak dijumpai hutan lamtoro.

Setelah melewati hutan lamtoro kita akan sampai di Padang Edelweis. Disini banyak sekali bunga Edelweis yang tumbuh. Dari padang Edelweis ke kawasan puncak diperlukan waktu sekitar 1 jam lagi.


Di kawasan puncak Gunung Sindoro ada sebuah kawah. Apabila musim hujan pada dasar salah satu kawahnya terdapat genangan air hujan yang bisa dijadikan sumber air untuk memasak. Memang rasanya sedikit asam tapi lumayan untuk dipakai masak. Tapi kita tidak disarankan untuk turun ke kawah karena rawan sekali gas beracun.









Bagikan

Jangan lewatkan

Jalur Pendakian Gunung Sindoro via Kledung
4/ 5
Oleh

Subscribe via email

Suka dengan artikel di atas? Tambahkan email Anda untuk berlangganan.

16 comments

Tulis comments
avatar
18 March 2016 at 19:51

gunung sindoro merupakan gunung pertama di indonesia yang pernah gue daki. waktu itu ada kejadian orang hilang juga ketika baru sampe base camp via kledung

Reply
avatar
23 March 2016 at 11:41

iya Gan, waktu itu saya pas kesana juga ada orang hilang sekitar 2 mingguan baru ketemu, tepatnya tgl 2 April 2015..

Reply
avatar
10 May 2016 at 18:43

Mantafs..lebaran ane meluncur ketkp

Reply
avatar
10 May 2016 at 18:44

Mantafs..lebaran ane meluncur ketkp

Reply
avatar
10 May 2016 at 21:43

Semoga terlaksana dan hati2 gan, alhamdulillah sekarang sudah tidak ada babi

Reply
avatar
3 June 2016 at 09:30

informasi kalo untuk ambil air terakhir kita bisa ambil dimana yah kang?

Reply
avatar
3 June 2016 at 09:30

informasi kalo untuk ambil air terakhir kita bisa ambil dimana yah kang?

Reply
avatar
5 June 2016 at 05:15

untuk sindoro lewat kledung tidak ada sumber air gan

Reply
avatar
7 June 2016 at 07:04

Informasi kalau nge camp di pos berapa yah terus kalau tenda di tinggalkan pas summit aman?

Reply
avatar
7 June 2016 at 07:04

Informasi kalau nge camp di pos berapa yah terus kalau tenda di tinggalkan pas summit aman?

Reply
avatar
13 June 2016 at 05:25

Untuk ngecamp biasanya di POS 3 gan, soalnya kalo di pos 4 rawan petir.
Untuk sekarang ini insyaAllah sudah aman, saya 2 kali kesana alhmdulillah tidak kehilangan apa2.
Dan lagi kemarin terakhir sudah tidak ada babi hutan

Reply
avatar
20 June 2016 at 12:44

Min mau mnta cp basecamp'nya bisa??

Reply
avatar
20 June 2016 at 21:26

08190386023, atau coba browsing keyword nomor basecamp gunung indonesia entar banyak Min..

Reply
avatar
29 June 2016 at 01:18

Mau tanya dong. Saya kan pemula banget nih buat hiking. Klo langsung ke gunung sindoro kira2 bakal berat banget gak yah medannya ? Hehehe terima kasih

Reply
avatar
29 June 2016 at 12:48

Gimana ya mbak, kalo menurut aku sih pokok gak boleh gampang nyerah aja, Sindoro treknya lumayan. Aplagi dari POS 3 ke Puncak, wes tanjakan dan puncak bayangan tiada henti hehe :D

Reply
avatar
19 July 2017 at 12:02

cukup sekali jhe deh melakukan pendakian gunung sindoro via kledung , mau nyoba jalur lain jhe hhii.

Reply