Friday 17 April 2015

Pendakian Gunung Merbabu via Selo Boyolali

Gunung Merbabu adalah salah satu gunung yang sangat populer dikalangan para pendaki gunung di Indonesia. Gunung Merbabu  terletak di Jawa Tengah dengan ketinggian 3.142 Mdpl. Gunung ini memiliki medan pendakian yang tidak terlalu sulit namun mempunyai pemandangan yang sangat indah. Gunung Merbabu sendiri berdiri berdekatan dengan Gunung Merapi di sebelah selatannya. 






Gunung Merbabu dapat di daki melalui 4 jalur dengan 1 jalur baru yaitu :
1. Jalur Selo (Boyolali)
2. Jalur Wekas (Magelang)
3. Jalur Cunthel (Magelang)
4. Jalur Thekelan (Magelang)
5. Jalur Suwanting (Magelang)


Jalur Pendakian Gunung Merbabu via Selo Boyolali

Untuk menuju basecamp pendaki Gunung Merbabu via Selo kita naik bus jurusan Magelang-Boyolali kemudian turun di Polres Selo. Dari Selo tidak ada angkutan yang bisa digunakan untuk menuju basecamp dan salah satu cara yang bisa kita pakai adalah dengan naik ojek. 
Disini terdapat 2 basecamap yang bisa kita gunakan yang letaknya sekitar 50 meter sebelum gapura jalur pendakian gunung merbabu. Ada papan penujuk di depan basecamp sehingga para pendaki bisa dengan mudah menemukannya.


Setelah sampai di basecamp kita dapat melakukan registrasi dengan tarif sekarang Rp 10,000 per orang. Jika menitipkan motor dikenai biaya Rp 5000 per motor. Di Gunung Merbabu tidak diberlakukan sistem kuota, jadi tidak ada batasan berapa jumlah pendaki yang boleh naik kecuali ada hal-hal penting tertentu seperti kebakaran hutan, atau jalur pendakian longsor atau juga ada pencarian pendaki yang hilang.
Untuk melakukan registrasi kita bisa menggunakan KTP, KTM atau SIM untuk keperluan pendataan jika sewaktu-waktu terjadi hal yang tidak diinginkan.

Basecamp - Pos 1 (Dok Malang)


Dari basecamp perjalanan dimulai dengan melewati gerbang pendakian Gunung Merbabu jalur Selo. Setelah itu kita akan berjalan di tengah hutan pinus yang biasanya digunakan sebagai camping ground. Dari sini jalur pendakian masih terbilang cukup landai dan jelas karena sepanjang jalan menuju Pos 1 terdapat banyak petunjuk arah yang bisa menuntun kita. Untuk menuju Pos 1 diperlukan waktu sekitar 1 jam perjalanan.





Pos 1 sendiri berupa sebidang tanah yang bisa kita gunakan untuk mendirikan beberapa buah tenda saja. Pos ini terletak di tengah hutan sehingga pemandangan terhalang oleh pohon-pohon. Di pos 1 juga tidak ada bangunan atau shelter yang bisa kita buat berteduh ketika hujan, selain itu juga tidak ada sumber mata air disini.




Pos 1 - Pos 2 (Pandean)

Selepas Pos 1 menuju Pos 2 perjalanan dimulai dengan jalur yang masih landai yang membentang di tengah hutan tropis yang udaranya sejuk. Di tengah perjalanan kita akan menemukan pos bayangan. Sebelum pos bayangan ada tanjakan yang cukup terjal dan ini adalah trek terberat selama perjalanan menuju Pos 2. Diperlukan waktu sekitar 45 - 60 menit perjalanan untuk sampai di Pos 2.

Kondisi Pos 2 hampir sama dengan Pos 1 hanya berupa sebidang tanah tanpa adanya shelter. Pos ini juga berada di tengah hutan jadi masih tidak ada pemandangan yang bisa dilihat.



Pos 2 - Pos 3 (Watu Tulis)

Setelah itu perjalanan dilanjutkan menuju Pos 3 yang kali ini jalur pendakian sudah mulai terbuka dan sudah mulai sedikit menanjak. Disini kita sudah bisa menyaksikan pemandangan lembah pegunungan dan bunga edelweiss yang tumbuh di lereng gunung. Untuk sampai di Pos 3 diperlukan waktu sekitar 30 - 45 menit.

Pos 3 ini berupa tanah datar yang cukup luas. Di pos ini pendaki bisa mendirikan banyak tenda. Disini medannya terbuka sehingga angin akan berhembus kencang karena tidak adanya pohon. Pemandangan di Pos 3 ini sangat indah dengan view Gunung Merapi yang tampak berdiri dengan gagah.


Pos 3 - Pos 4 (Sabana 1)

Untuk menuju Pos 4 kita harus melewati jalur yang bisa dibilang paling terjal sepanjang pendakian via Selo. Jalur yang dilewati berupa tanah merah yang sangat berdebu ketika musim kemarau dan akan sangat licin ketika hujan. Banyak percabangan di sepanjang jalan, tapi semua kan kembali mejadi satu sebelum tiba di Pos 4. Sebelum Pos 4 kita akan melewati sebuah tanah lapang yang bisa kita gunakan untuk mendirikan tenda. Pemandangan sepanjang perjalanan sangatlah indah dengan pemandangan padang savana yang membentang luas. Dibutuhkan waktu sekitar 1 jam untuk sampai di Pos 4.








Pos 4 sering disebut Sabana 1 karena memang pos 4 terletak di pinggir sabana yang luas dan indah. Di pos 4 juga tidak ada shelter untuk berteduh. Biasanya para pendaki mendirikan tenda di dekat pohon untuk melindungi dari terpaan angin yang berhembus kencang.





Pos 4 - Pos 5 (Sabana 2)

Selepas pos 4 perjalanan dilanjutkan menuju Pos 5 atau banyak yang menyebutnya Sabana 2. Di sepanjang perjalanan kita akan melewati pemandangan yang menawan dan akan terlihat sabana 1 yang begitu indah jika dilihat dari tempat yang lebih tinggi. Kita harus melintasi padang yang terbuka dengan waktu sekitar 30 menit untuk sampai di Pos 5. 








Pos 5 letaknya berada di pinggir sebuah sabana. Di Pos 5 biasanya para pendaki mendirikan tenda untuk menginap sebelum dini hari melanjutkan perjalan ke puncak.

Pos 5- Puncak Kenteng Songo

Sepanjang perjalanan menuju puncak kita akan menemukan banyak bunga edelweiss yang sangat indah. Jalur yang dilalui terus menanjak hingga sampai ke puncak. Jalur berada di area yang terbuka sehingga kabut dan angin langsung menerjang kita. Untuk sampai di puncak membutukan waktu sekitar 1 jam.

Puncak Kenteng Songo adalah puncak paling tinggi diantara 7 puncak di Gunung Merbabu. Dari sini kita dapat melihat Gunung Merapi yang berdiri dengan gagah di sebelah selatan.















Bagikan

Jangan lewatkan

Pendakian Gunung Merbabu via Selo Boyolali
4/ 5
Oleh

Subscribe via email

Suka dengan artikel di atas? Tambahkan email Anda untuk berlangganan.

146 comments

Tulis comments
avatar
18 March 2016 at 03:23

Mendaki memang menyenangkan, bagi kamu yang masih pemula, ini dia perlengkapan naik gunung yang harus dipersiapkan.

Reply
avatar
10 April 2016 at 22:40

Maaf klw mw k base camp selo dri jakarta turun dmn trus lanjut kmn naek apa mohon pencerahannya

Reply
avatar
27 April 2016 at 07:17

Bisa turun di Jogja atau solo, dari jogja naik bus jurusan magelang, dari magelang nanti naik bus jurusan boyolali.
Setahu saya begitu.

Reply
avatar
9 May 2016 at 19:48

saran, dari terminal tirtonadi solo langsung naik bus jurusan selo nama busnya ARIF.. nanti turun di polsek selo..
sekedar saran..

Reply
avatar
10 May 2016 at 11:34

makasih info lebih lanjutnya gan, makhlum saya biasanya naik motor sama temen.

Reply
avatar
26 May 2016 at 18:58

Bermanfaat nih infonya, kalau saya misal dari jakarta naik kereta. terus turun di stasiun lempuyangan. terus dari stasiun lempuyangan naik apa lagi ya kalau mau ke basecamp Selo?

Terimkasih.
Regards,

Reply
avatar
26 May 2016 at 19:24

Bener gak sih kalau merbabu ada cerita mistisnya? Kemarin aku nanya2 di instagram ada temenku yg ngalamin cerita mistis gan

Cerita mistis pendakian di gunung merbabu via jalur selo, percaya gak percaya, aku baca disini gan, bener gak yah, bikin merinding

http://viapendaki.blogspot.com/2016/05/cerita-mistis-di-pendakian-merbabu-via.html

Reply
avatar
27 May 2016 at 05:51

Naik bus jurusan magelang mas, dari terminal magelang naik bus jurusan boyolali turun di selo

Reply
avatar
27 May 2016 at 05:52

Haha gimana ya gan, rata2 di setiap gunung ya ada aja.
Kalo via Suwanting emang masih kental banget mistisnya, kita juga harus ucap salam dan ada beberapa pantangan

Reply
avatar
27 May 2016 at 10:22

Maaf sebelum nya saya pendaki pemula, jalur selo termasuk angker atau tidak ya? Soal nya dulu saya pernah mendaki ke puncak 29 (kudus,jawa tengah) mendengar suara anak2 kecil kyk pada main. Pdhl kanan kiri jurang. Mohon pencerahaan nya

Reply
avatar
28 May 2016 at 17:22

Setiap gunung pasti memiliki sisi mistis sendiri gan dan itu pasti ada, tapi selama saya beberapa kali naik tidak pernah diganggu apa2 sma skali. Intinya niat baik aja gan

Reply
avatar
Anonymous
3 June 2016 at 23:37

sangat bermanfaat infonya,izin berbagi kawan

Reply
avatar
5 June 2016 at 05:15

silakan gan.. smoga bermanfaat

Reply
avatar
12 June 2016 at 20:14

selama perjalanan apakah ada sumber mata air gan? kalau ada di pos berapa? thanks..

Reply
avatar
13 June 2016 at 05:23 This comment has been removed by the author.
avatar
13 June 2016 at 05:24

Untuk jalur Selo tidak ada sumber air gan

Reply
avatar
13 June 2016 at 06:07

Mas bisa minta rekomen jalur dari bandung-jogja-merbabu-borobudur-prau makasih mas sebelumnya

Reply
avatar
13 June 2016 at 12:39

haha kurang begitu paham sih mas, kalo dari bandung naik kereta turun jogja, trus dari jogja naik bus ke terminal magelang,dari magelang bus menuju selo boyolali, baliknya naik bus ke arah magelang lagi, cari angkutan ke borobudur, dari borobudur naik bus ke arah wonosobo..

setau saya begitu mas, soalnya biasanya saya motoran dari jogja.

Reply
avatar
14 June 2016 at 21:24

Oke mas, makasih ya atas informasinya :)

Reply
avatar
17 June 2016 at 03:22

Mas mau nanya ada tempat penitipan mobil ga utk via selo?

Reply
avatar
17 June 2016 at 03:31

Maksudnya bisa nitip mobil ga di basecamp makassih mas

Reply
avatar
17 June 2016 at 08:24

ada banyak tempat parkir kog mas

Reply
avatar
18 June 2016 at 14:37

Kalo naik kereta dari jakarta - solojebres, lanjutannya kemana ya yg enak?

Reply
avatar
21 June 2016 at 00:08

dari jakarta langsung saja naik bus jurusan Jakarta - Boyolali atau Jakarta - Semarang..
dari terminal boyolali nanti naik bus 3/4 tujuan Selo lalu turun di polsek selo.
dari polsek selo naik mobil bak sayur atau ojek menuju basecamp

Reply
avatar
21 June 2016 at 00:10

kalo dari solo, naik bus kearah boyolali turun di selo (polsek)...

setau saya, karna kemarin saya via solo juga

Reply
avatar
21 June 2016 at 01:20

Ada teman teman yang naik merbabu gak besok? #caritemennaik 😁

Reply
avatar
21 June 2016 at 01:22 This comment has been removed by the author.
avatar
21 June 2016 at 15:37

Abis lebaran niat berdua aja neh gan bareng partner via selo naik kereta jurusan semarang poncol, dr semarang poncol info untuk ke selo naik mobil apa2 aja yah?? Mohon petunjuknya gan,, dan rencana baliknya pengen ke prau naik mobil apa2 jg yh untuk.menuju ke prau klo dr selo???

Reply
avatar
25 June 2016 at 19:31

Ane tgl 9 naik insyaallah bareng aja kang hehe 089663959420

Reply
avatar
25 June 2016 at 19:32 This comment has been removed by the author.
avatar
27 June 2016 at 09:27

gan, kalo lewat Selo. kita harus lapor ke Polsek Selo dulu atau gak yahh?

Reply
avatar
27 June 2016 at 09:27

gan, kalo lewat Selo. kita harus lapor ke Polsek Selo dulu atau gak yahh?

Reply
avatar
27 June 2016 at 10:13

tidak usah Gan, langsung menuju basecamp aja lapor disana

Reply
avatar
27 June 2016 at 19:15

aku sabtu tgl 2 Juli naik Mas,,,ikut gimana? ada teman cowok jg

Reply
avatar
28 June 2016 at 02:55

makasih gan, nanya lagi gan. dari simaksi ke pos 5 kira kira berapa jam yah? di pos 5 ada sumber air gak? maaf ni gan

Reply
avatar
29 June 2016 at 12:51

kalo saya cpetnya dari basecamp ke puncak 3-4 jam gan tergantung kekuatan fisik, tpi normal sih 5-7 jam. Dari jalur selo juga tidak ada sumber air.

Reply
avatar
30 June 2016 at 00:16

Bisa bareng gk om .aku juga rencana naik sabtu ini . 082225559133

Reply
avatar
1 July 2016 at 07:17

kalo naik dr selo lebih bagusnya malam hari atau siang hari biar sampe puncak bisa dapet sunrise, kira2 timing yg tepat mulai pendakian dr base camp jam brp ya gan? tgl 10-11 besok rencana mau kesana

Reply
avatar
1 July 2016 at 19:26

Kalo saran saya sih, mending mas nya naik pagi aja, biar bisa menikmati perjalanan dan juga kita punya waktu. Nggak tau kan kekuatan fisik kita seberapa nanti.
Trus entar biar nyampek tempat camp gak sampai malem jadi punya banyak waktu istirahat sebelum besok pagi summit ke puncak.
Dari sabana 1 biasanya cuman 1-1,5 jam saja, jadi berangkat jam setengah 5 atau jam 4 pagi sudah bisa.

Reply
avatar
3 July 2016 at 20:13

wah thanks infonya gan.. semoga ga hujan hehe

Reply
avatar
5 July 2016 at 02:50

mas mau nanya, kalo naik dari selo turun di wekas bisa kan?

Reply
avatar
6 July 2016 at 11:10

Besok sabtu 9 juli ada yang mau naek kah? #caritemen...

Reply
avatar
7 July 2016 at 07:01

Selamat malam mas, saya dan teman2 rencana mau berangkat mendaki sabtu besok mas. 😊

Reply
avatar
8 July 2016 at 20:34

Nanya lg dong gan.. klo di basecampe.selo ada rental alat outdoor jg gak?? Biar ga terlalu repot bawa dr jkt.jg soalny...

Reply
avatar
9 July 2016 at 11:09

Seingat saya sih ada gan di basecamp

Reply
avatar
9 July 2016 at 11:10

Bisa mas, dari puncak langsung turun lewat wekas, berarti langsung dibawa barangnya sewaktu mau muncak

Reply
avatar
10 July 2016 at 08:38

Mas Kalo Di base camp bisa masuk Mobil Gak Mas?

Reply
avatar
10 July 2016 at 13:34

Trima kasih byk bgt kang pencerahannya...

Reply
avatar
11 July 2016 at 15:29

makasih mas infonya. nanti saya naik tanggal 19.

Reply
avatar
12 July 2016 at 09:25

sama2 gan, smoga bermanfaat

Reply
avatar
12 July 2016 at 09:25

sama2 mas, smoga perjalanannya menyenangkan :D

Reply
avatar
12 July 2016 at 10:21

Ok mas, mqksih yah infonya.

Reply
avatar
15 July 2016 at 00:32

Mas, di pos keberangkatan via selo apa bisa sewa guide?
saya ada rencana ke merbabu naik tgl 29 juli tapi masih newbie semua hehe jadi mau sewa guide saja atau kalo ada yang mau naik di tgl yang sama bisa gabung juga

Reply
avatar
15 July 2016 at 09:24

Saya jg mau naik tgl 29 dari jakarta timur klo mau bareng bisa contact 08991499379 tapi sama2 pemula untuk ke merbabu hehe

Reply
avatar
16 July 2016 at 23:55

Saya juga mau naek tgl 29 sore . Saya dri solo . Kbtlan udh bbrpa kali ke merbabu . Kli mau bareng contak aja 082225559133

Reply
avatar
17 July 2016 at 05:20

Saya tanggal 27 kemungkinan sendiri jg haha.

Reply
avatar
18 July 2016 at 17:28

Wah bareng dong abang2 yang mau nanjak tgl 29 an. Saya juga mau nanjak dr jakarta.

Reply
avatar
19 July 2016 at 18:35

Saya juga dari depok berangkat tgl 29 jalur kereta turun di solo jebres ,mau tanya nih kalau dari st.solo jebres lanjut naik apa ya ke polsek selo ?thnks

Reply
avatar
19 July 2016 at 18:41

Dri jebres naik angkutan menuju terminal tirtonadi . Aik bis tujuan semarang .bilang aja sama kondektur nya turun di polsek selo . Dri polsek selo naik bis kecil tujuan selo . Tpgk smpai bascamp

Reply
avatar
19 July 2016 at 21:34

Oke ,kira2 estimasi waktu brp jam ya mas dari st.solo jebres ke polsek selo ?

Reply
avatar
19 July 2016 at 21:57

Krang lebih 1jam om ..enak turun di porwosari aja . Ane juga naek tgl 30 . Ane dri solo

Reply
avatar
19 July 2016 at 21:59

Dari jakarta enak turun di purwosari aja .. rmh ane dkt purwosari . Di situ mudah nyari bis ke polsek selo

Reply
avatar
20 July 2016 at 06:38

kalo dr bandung sih mending ambil satu arah aja biar gak bolak-balik tripnya, misal dr bandung ke purwokerto-wonosobo-dieng(prau)-wonosobo-magelang-borobudur-magelang-jogja-solo-merbabu(via selo boyolali)-solo-bandung.

Reply
avatar
20 July 2016 at 06:56

Oh gitu ya ,oke deh makasih info nya mas nanti insya allah kita ketemu disana aja ya

Reply
avatar
22 July 2016 at 00:29

Mas kalo misal 10 orang kita bawa tenda brp ?

Reply
avatar
23 July 2016 at 09:08

bawa 2 tenda kpsitas 4 orang juga bisa, atau enggak bawa tenda kpsitas 8 tmbah 1 tenda kapasias 2 orang

Reply
avatar
24 July 2016 at 05:32

ada yang mau naik antara tanggal 11 - 20 agustus gak nih?#nyaritemen..
kontak 08971322614/59426538

Reply
avatar
24 July 2016 at 11:35

mw nanyak klo dri malang enaknya naek apa ya bus ap kereta???

Reply
avatar
26 July 2016 at 08:29

naik kereta kyaknya lebih enak gan

Reply
avatar
28 July 2016 at 10:34

Mohon info...dr jkt trun d solojbres naek apa enaknya ke selo trimakasih...
Mohon info klo ada kloter tgl 4/5/6 agstus ke merbabu boleh sya ikut gabung...

Reply
avatar
28 July 2016 at 10:36

Mohon info yg mau naek merbabu dr jkt tgl 5/6/7..boleh ikut gabung 0858 8103 5300...mohon info

Reply
avatar
29 July 2016 at 05:11

Mau nanya apakah di basecamp selo bisa nyewa tenda?

Reply
avatar
1 August 2016 at 00:50

Gan, utk area camp terakhir via selo sblum ke puncak memang harus di sabana 2 ya? Jadi semua pendaki bakal stop dstu sblum muncak? mhon pencerahannya. Thanks

Reply
avatar
5 August 2016 at 00:03

Iya gan, Pos terakhir sebelum puncak ya di Sabana 2, dari situ perjalanan sudah tinggal 30 - 40 menit saja menuju puncak

Reply
avatar
9 August 2016 at 02:58

Om atau sis minta infonya.. kalo via selo banyak mata airnya ga?

Reply
avatar
10 August 2016 at 06:29

gak ada sumber air gan kalo lewat selo

Reply
avatar
11 August 2016 at 02:08

kalau dari semarang ke basecamp selo perjalan berapa jam .. info nya dong om

Reply
avatar
11 August 2016 at 02:09

trsu kalau dari solojebres ke selo berapa jam om

Reply
avatar
11 August 2016 at 02:12

saya dari basecamp tgl 26 pagi

Reply
avatar
11 August 2016 at 03:53

ada yang rencana mau naik ke merbabu gak ya? klo boleh saya mau gabung

Reply
avatar
12 August 2016 at 00:44

mau tanya dong, bayar simaksi / tiket masuk pendakian gunung merbabu via selo berapa yaa ?

Reply
avatar
18 August 2016 at 15:26

Mas mau tanya, kalo dari st.purwosari mau ke selo, enakkan ke terminal tirtonadi dulu atau bagaimana mas ?

Reply
avatar
29 August 2016 at 08:17

Mau tanya gan, kalo dari solo jebres naik angkutan apa ya untuk sampe selo? Lalu apa masih ada untuk sore angkutannya itu?

Reply
avatar
29 August 2016 at 08:18

Mau tanya gan, kalo dari solo jebres naik angkutan apa ya untuk sampe selo? Lalu apa masih ada untuk sore angkutannya itu?

Reply
avatar
30 August 2016 at 07:05

Numpang tany donk gan klo mau naik bus dr jakarta naik apa trus klo mau lngsung turun di polsek selo ada ga ya...??? InsyaAllah tgl 10 bsk ane mau naik ke merbabu

Reply
avatar
31 August 2016 at 07:37

permisi nih kak, numpang tanya, persyaratan registrasinya apa wajib ada ktp nya? semisal tidak punya ktp tp adanya kartu pelajar apa boleh kak?

Reply
avatar
2 September 2016 at 13:11

Misi gan, kalau jalur Selo gak ada mata air, kira kira hrs bawa brp botol besar air mineral yaa perorang untuk 3h2m ??

Reply
avatar
3 September 2016 at 05:45

tergantung pribadi masing2 gan, kalo untuk 3 hari 2 malem ya pling enggak per org 5 liter lah

Reply
avatar
3 September 2016 at 05:46

kalo blum 17 thun kayaknya boleh gan pakek kartu pelajar, soalnya yg masih anak2 dibawah 17 tahun aja banyak kog

Reply
avatar
19 September 2016 at 09:08

aa, te2h, mas, mba, kira2 bln oktober ada yg mau nanjak k merbabu ga yah. klo ada bisa x klo gabung. mohon infonya yah tgl brapanya..trima kasih

Reply
avatar
19 September 2016 at 09:09

aa, te2h, mas, mba, kira2 bln oktober ada yg mau nanjak k merbabu ga yah. klo ada bisa x klo gabung. mohon infonya yah tgl brapanya..trima kasih

Reply
avatar
23 September 2016 at 06:19

adakah yang mau ke merbabu tanggal 27 september 2016 besok ?
mungkin bisa bareng kita ? :)

Reply
avatar
23 September 2016 at 20:02

barangkali ada yang mau bareng kontek yaa 085742096392

Reply
avatar
26 September 2016 at 00:59

9 oktober bang, mp di stasiun senen cp aja gan 08561311144

Reply
avatar
27 September 2016 at 09:17

Yg blm tau kendaraan yg menuju ke basecame,mding contak q,ntr w jmpt n w anter ke basecame,/carter aj drpd bingung2 ,hub 081220464906,

Reply
avatar
27 September 2016 at 09:18

Yg blm tau kendaraan yg menuju ke basecame,mding contak q,ntr w jmpt n w anter ke basecame,/carter aj drpd bingung2 ,hub 081220464906,

Reply
avatar
29 September 2016 at 03:07

Ga ada mata air itu sampe puncak ??

Reply
avatar
2 October 2016 at 19:00

via Selo tidak ada sumber air gan

Reply
avatar
4 October 2016 at 00:03

Gk ad gan,bw air dr basecame

Reply
avatar
22 November 2016 at 15:48

Tgal 17 desember ada yg ke merbabu g .. sya dri surabaya brg kali bisa bareng .. 085731576442

Reply
avatar
23 November 2016 at 16:53

Numpang nanya dari jakarta ke solo itu murahan naik bus atau kereta ya? Mohon bantuannya kaka kaka.

Reply
avatar
24 November 2016 at 03:52

Saya juga dari surabaya mas.
Rencana sama temen2 se liburan natal itu mas.
Tapi berhubung yang nganter berhalangan jadi cari barengan yang lain
Gimana kira2??

Reply
avatar
24 November 2016 at 04:02

Saya juga dari surabaya mas.
Rencana sama temen2 se liburan natal itu mas.
Tapi berhubung yang nganter berhalangan jadi cari barengan yang lain
Gimana kira2??

Reply
avatar
24 November 2016 at 04:06

Saya juga dari surabaya mas.
Rencana sama temen2 se liburan natal itu mas.
Tapi berhubung yang nganter berhalangan jadi cari barengan yang lain
Gimana kira2??

Reply
avatar
28 November 2016 at 01:33

Terakhir kali pendakian ya ke merbabu via Selo. Ga nanjak sih. Tapi debunya yang bikin frustasi. Saran saya, jika kalian mau mendaki di musim kemarau sebaiknya memakai kacamata penghalau debu sama pakai buff. Jika perlu sebelum pendakian adaptasi pakai buff sehari hari. Dikarenakan pendakian via selo very very dusty.

Reply
avatar
28 November 2016 at 06:05

kalau bulan desember di tutup apa gak ya??

Reply
avatar
1 December 2016 at 23:32

salam...mohon bertanya...berapa tarif tiket mendaki merbabu dan merapi utk manca... tqvm ya utk jawapannya

Reply
avatar
2 December 2016 at 20:23

hanya saran saja, hub no ini +6281220464906 namanya mas Selamet, tinggal di antara merapi merbabu, beliau siap antar jemput baik dari terminal Boyolali, Solo, jogja. Siap bantu porter, dan perlengkapan pendakian. Pengalaman saya mendaki bersama beliau luar biasa, baik, humanis ya tau sendiri lah pendaki sejati sudah banyak berguru pada alam. Super duper baik. Saya diantar sampai puncak merapi dan merbabu.

Reply
avatar
2 December 2016 at 21:47

Ya,ane bisa bantu ap yg dibutuh kan para pendaki,ane dng senang hati membantu para pendaki,hub 081220464906,ami hanafi bisa aj,qt sgai ciptaan tuhan,wajib saling bantu

Reply
avatar
2 December 2016 at 21:48

Ya,ane bisa bantu ap yg dibutuh kan para pendaki,ane dng senang hati membantu para pendaki,hub 081220464906,ami hanafi bisa aj,qt sgai ciptaan tuhan,wajib saling bantu

Reply
avatar
13 December 2016 at 20:25

Mau tanya gan, ane dari jakarta turun di terminal purwosari itu ke basecamp selo naik kendaraan apa lagi ya ?

Reply
avatar
13 December 2016 at 20:27

Naek kereta gan turun di purwosari tarif cuma 74rb

Reply
avatar
14 December 2016 at 07:38

Mau nanya kalo dari staaiun purwosari naik bus apa ya ke selo nya

Reply
avatar
16 December 2016 at 07:18

Kalau nyampek selo jam 18:00, kemudian naik jam 19:00. Boleh g' y...
Mohon info'e...

Reply
avatar
17 December 2016 at 21:09

Ada yang ingin ke Merbabu via Selo berangkat dari Bandung tanggal 23. Bisa bareng Saya. WA 082240206691

Reply
avatar
19 December 2016 at 02:29

Boleh aj bos tergantung sikon x,

Reply
avatar
8 January 2017 at 01:37 This comment has been removed by the author.
avatar
8 January 2017 at 01:39

Tarif ojek / mobil bak sayur brp?

Reply
avatar
8 January 2017 at 01:39

Tarif ojek / mobil bak sayur brp?

Reply
avatar
16 January 2017 at 18:31

Mas/mba klo dari jakarta-yogya ke via selo kira2 naek kendaraan apa lagi ya? Mhn infonya thanks.

Reply
avatar
17 January 2017 at 02:58

ngan ada ngk yg mu naik lgi..

Reply
avatar
17 January 2017 at 03:01

bulan apa yg biasanya rame pendaki..

Reply
avatar
19 January 2017 at 06:54

buat yang mau bareng tgl 28-29 januari bisa WA082218597765, sya orang Bandung

Reply
avatar
26 January 2017 at 20:55

30 januari kuy, ada pasukan dr surabaya ^^
Dm twitter aja @mhndrpanji

Reply
avatar
29 January 2017 at 02:03 This comment has been removed by the author.
avatar
29 January 2017 at 03:09

Estimasi biayanya berapa untuk sampai ke basecamp selo?

Reply
avatar
19 February 2017 at 18:09

buat yg mau bareng saya dari jakatra 31 maret - 4 april
line : fauzanrefidafa

Reply
avatar
20 February 2017 at 09:58

buat yang mau bareng tgl 22 - 24 april 2017 bisa WA082218597765, sya orang Bandung

Reply
avatar
10 March 2017 at 22:25 This comment has been removed by the author.
avatar
10 March 2017 at 22:26 This comment has been removed by the author.
avatar
21 March 2017 at 00:41

cari barengan nih saya dari Surabaya rencana mau ke Merbabu tgl 23-24 April . Nih wa gue : 0823-3146-9942

Reply
avatar
22 November 2017 at 08:16

Basecamp Pak Bari
Melayani transportasi / antar jemput dari dan menuju Basecamp Pendakian Merbabu via Selo.
FB: Pak Bari Merbabu Selo (https://www.facebook.com/pakbari.merbabuselo)
Instagram: @pakbarimerbabu (https://www.instagram.com/pakbarimerbabu)
Telp/WA: 081393062419

Reply