Tuesday 10 March 2015

Gunung-gunung Tertinggi di Dunia

Dapat menyaksikan keajaiban dan keindahan alam dari atas gunung merupakan pengalaman menakjubkan bagi siapa saja. Terdapat banyak gunung di dunia ini yang memiliki sejuta pesona keindahan dan memiliki ketinggian hingga 8.848 Mdpl. Namun untuk sampai di puncaknya tetap saja gak semudah apa yang kita pikirkan. Tentu saja nyawa yang akan menjadi taruhannya untuk sampai di puncak-puncak tertingginya.
Berikut ini adalah beberapa pegunungan yang mempunyai puncak tertinggi di dunia :

  1. Gunung Everest I (8.848 Mdpl)



    Gunung Everest tidak diragukan lagi sebagai gunung tertinggi di dunia. Terletak di perbatasan Nepal dan China, Gunung Everest adalah bagian dari Mahalangur dari Himalaya. "Chomolungma" adalah nama yang diberikan kepada Tibet Everest, sedangkan "Sagarmatha" adalah apa yang orang Nepal menyebutnya. Everest juga dikenal sebagai Puncak XV setelah trigonometri Survey Britis India dilakukan pada tahun 1856 dan secara resmi menyatakan 8.848 sebagai ketinggian sebenarnya dari Everest. Edmund Hillary dan Tenzing Norgay Sherpa membuat pendakian pertama yang berhasil menaklukkan Everest dan sampai di puncaknya pada 26 Mei 1953. Ekspedisi terbesar untuk mendaki Everest adalah tim China pada tahun 1975 dengan 410 pendaki.

  2. Gunung K2 (Gunung Godwin Austen, 8.611 Mdpl)



    K2 adalah salah satu gunung paling mematikan di dunia dan telah lama dianggap mustahi untuk didaki. Dengan elevasi 8.611 Mdpl. K2 adalah gunung tertinggi kedua di dunia setelah Gunung Everest. Terletak di Karakoram Rentang di perbatasan Pakistan dan China, Gunung K2 dikenal sebagai Savage Gunung karena kesulitan dan keekstriman pendakian. Statistik mengatakan, untuk setiap empat orang yang telah sampai di puncak, satu orang meninggal dunia.
    Gunung K2 ada di posisi kedua seperti yang kita bicarakan tentang angka kematian tertinggi setelah Annapurna. Secara teknis sangat berbahaya jika naik melalui sisi Pakistan. Untuk pendaki Gunung, K2 adalah gunung yang dianggap paling banyak tantangannya oleh banyak pendaki. Terbukti upaya pada tahun 1902, 1909, 1934, 1938, 1939, dan 1953 semuanya gagal sampai di puncak. Hanya pada 31 Juli 1954 sebuah ekspedisi Italia yang dipimpin Ardito Desio yang berhasil sampai di puncak.

  3. Gunung Kanchenjunga (8.586 Mdpl)



    Gunung Kanchenjugan memiliki ketinggian 8.586 mdpl dan merupakan gunung tertinggi ketiga di planet ini. Gunung ini terletak di bagian Himalaya tepatnya diperbatasan antara Nepal dan negara bagian India Sikkim. Dua dari lima puncaknya berada di Nepal sedangkan tiga yang lainnya di perbatasan Sikkim Utara dan Nepal.
    Pendaki pertama kali yang sampai di puncak adalah Joe Brown dan George Band of British pada ekspedisi 25 Mei 1955.

  4. Lhotse (8.516 Mdpl)



    Lhotse berada diketinggian 8.516 Mdpl sehingga menjadi gunung tertinggi keempat di bumi ini. Lhotse terletak diperbatasan Nepal dan China dan memiliki puncak yang sangat tajam yang bahkan tidak ada tempat untuk duduk. Sebagai puncak yang terletak di dekat bagian selatan Gunung Everest, kadang-kadang beberapa orang keliru mengidentifikasi bahwa Lhotse adalah puncak selatan Everest.
    Pendaki yang pertama kali naik adalah Ernst Reiss dan Fritz Luchsinger dari Swiss pada tahun 1956. Ekspedisi Lhotse memiliki tiga puncak yaitu Lhotse Utama (8.516 mdpl), Lhotse Timur (8.413 mdpl) dan Lhotse Shar (8.383 mdpl).

  5. Gunung Makalu (8.481 Mdpl)



    Gunung ini adalah gunung tertinggi kelima di dunia. Dinamakan Makalu karena penampilannya gelap seperti merenung. Makalu secara harfiah berarti "The Great Black One". Terletak sekitar 20 km sebelah timur dari Mount Everest. Gunung ini juga berbatasan dengan China. Lionel Terry dan Jean Couzy adalah pendaki pdari Perancis yang sukses pertama kali mendaki Makalu pada 25 Mei 1955. Namun upaya pertama dilakukan oleh tim Amerika dipimpin oleh William Siri pada musim semi 1954.

  6. Cho Oyu (8.201 Mdpl)


    Gunung ini merupakan gunung tertinggi keenam di dunia. Cho Oyu adalah puncak utama barat di Khumbu Himalaya dan hanya 20 km sebelah barat Gunung Everest. Cho Oyu berdiri di perbatasan Nepal-Tibet. Cho Oyu berhasil pertama kali dicoba didaki oleh Edmund Hillary pada 1952. Sedangkan pendaki pertama yang berhasil ke puncak adalah Herbert Tichy, Sherpa Pasanag Dawa dan Joseph Jochler pada 19 Oktober 1954. Mendaki Cho Oyu dianggap sebagai praktek terbaik sebelum mencoba Everest karena merupakan salah satu yang terbaik untuk dicapai diantara gunung tertinggi lainnya.

  7. Gunung Dhaulagiri (8.167 Mdpl)



    Dhaulagiri secara harfiah berarti yang menyilaukan/ putih". Dhaulagiri adalah gunung tertinggi ketujuh di dunia yang terletak di barat utara dari Pokhara di Nepal barat.
     
  8. Gunung Manaslu (8.163 Mdpl)


    Gunung Manaslu adalah gunung tertinggi kedelapan di dunia. Gunung ini adalah gunung yang menakjubkan berbaring di tepi salah satu lembah Himalaya yang paling terpencil yakni : Lembah Sungai Gandaki Kali di tengah barat Nepal Himalaya. Pada tahun 1953 sebuah tim Jepang membuat upaya pendakian pertama kali tapi pendakian pertama yang berhasil pada tahun 1956.

  9. Nanga Parbat (8.126 Mdpl)


    Nanga Parbat (Naked Mountain) adalah gunung tertinggi kesembilan di dunia. Gunung ini dikenal sangat sulit untuk didaki. Hal itu dikarenakan ada beberapa lereng yang sangat curam yang kehilangan vegetasi dan salju. Nanga Parbat bukan puncak tunggal tetapi 20 km serangkaian panjang puncak dan pegunungan yang berpuncak di puncak es besar dengan ketinggian 8.126 Mdpl. Gunung ini adalah jangkar barat Himalaya dan barat dari delapan thousanders. Nanga Parbat terletak di wilayah Gilgit-Baltistan Pakistan.
    Pada awal dan pertengahan abad 20, terdapat banyak kematian di gunung ini,oleh sebab itu mendapat julukan Pembunuh Mountain. Pendakian pertama kali yang berhasil dilakukan oleh pendaki asal Austria Hermann Buhl pada 3 Juli 1953. Nanga Parbat selalu dikaitkan dengan tragedi dan penderitaan.

  10. Annapurna (8.091 Mdpl)

    Gunung tertinggi kesepuluh di dunia yang terletak di utara-tengah bagian dari Nepal Himalaya. Annapurna memang salah satu puncak yang paling indah di planet ini. Annapurna menawarkan beberapa trekking yang paling populer dan ekspedisi di dunia yang disebut-sebut sebagai salah satu tujuan wisata terbaik. Annapurna pertama kali berhasil didaki oleh Maurice Herzog dan Louis Lachenal pad 3 Juni 1950. Annapurna memiliki tingkat kematian tertinggi di dunia.



Bagikan

Jangan lewatkan

Gunung-gunung Tertinggi di Dunia
4/ 5
Oleh

Subscribe via email

Suka dengan artikel di atas? Tambahkan email Anda untuk berlangganan.