Friday 13 March 2015

Indahnya Fenomena Blue Fire Kawah Ijen

Gunung Ijen adalah sebuah gunung berapi aktif yang terletak di Kabupaten Banyuwangi, Jawa Timur. Gunung ini memiliki ketinggian 2.443 Mdpl dan telah empat kali meletus pada tahun 1796, 1817, 1913 dan 1936. 
Kawah Ijen adalah sebuah danau kawah yang bersifat asam yang berada di Puncak Gunung Ijen dan memiliki ketinggian 2.368 mdpl dengan luas kawah mencapai 5466 hektar dan kedalaman 200 meter. Kawah Ijen berada dalam wilayah Cagar Alam Taman Wisata Ijen. 


Untuk menuju kawah ijen kita berangkat menuju Banyuwangi, kemudian menuju Kecamatan Licin  dan setelah itu ke Paltuding.

Di kawasan gunung berapi ini terdapat pertambangan belerang dimana mengindikasikan bahawa gunung ini masik aktif dan beraktivitas. Saat berada di kawah ijen para pendaki atau pengunjung dapat menyaksikan aktivitas para penambang belerang yang simpang siur membawa tumpukan belerang dengan cara dipikul untuk dibawa turun.

Kawah Ijen merupakan pusat danau terbesar di dunia yang bisa memproduksi 36 juta kubik belerang dan hidrogen klorida. Kawah yang berbahaya ini memiliki keindahan panorama yang sangat luar biasa dengan danau belerang berwarna hijau toska dengan sentuhan dramatis dan begitu elok.
Danau Ijen memiliki kadar keasaman nol dan sangat kuat karena dapat melarutkan pakaian dan jari manusia.

Untuk sampai di puncak atau di kawah, pengunjung harus berjalan 3 km dari Paltuding dengan medan awal cukup landai baru setelah itu nanjak. Saat sudah dekat medan kembali landai lagi sampai puncak atau kawah. Untuk menuju kawah kita perlu turun lagi, tapi hal itu tidak dianjurkan karena bahaya dan mengganggu aktivitas penambang yang sedang bekerja.

Di kawah ijen kita bisa menikmati pesona indahnya api biru atau blue fire di dasar kawahnya. Biasanya para pengunjung memulai pendakian pukul 2 pagi agar bisa kebagian menikmati blue fire, karena blue fire sendiri tidak akan terlihat ketika sudah jam 5 pagi. Oleh karena itu jika ingin menikmati blue fire perlu berangkat tengah malam atau dini hari agar sampai di puncak atau di kawah masih kebagian blue fire.


Bagikan

Jangan lewatkan

Indahnya Fenomena Blue Fire Kawah Ijen
4/ 5
Oleh

Subscribe via email

Suka dengan artikel di atas? Tambahkan email Anda untuk berlangganan.

1 comments:

Tulis comments
avatar
23 May 2016 at 09:04

Harus sampai di lokasi saat subuh tuh, baru terlihat Blue Fire nya :)

Reply