Thursday 19 March 2015

Menentukan Teman dan Partner Perjalanan yang Baik

Mencari teman atau partner pendakian dan perjalanan bukanlah hal yang sepele.  Sebagian orang di Indonesia memang senang jalan-jalan bersama teman-teman atau berombongan, karena memang akan lebih ramai dan menyenangkan. Tapi tidak semuanya begitu, untuk mendapatkan kesenangan dari perjalanan kita juga harus mencari teman yang cocok, karena itu adalah hal yang sangat penting.




Fungsi seorang teman tentunya adalah untuk berbagi banyak hal selama perjalanan. Kita tidak akan bisa mendapatkan kesenangan jika teman perjalanan kita kurang cocok dan sulit diajak kompromi, perjalanan yang seharusnya menyenangkan bisa jadi akan berubah menjadi perjalanan yang menyedihkan dan menyebalkan.

Daripada kita kehilangan seorang teman hanya karena ketidak cocokan dan berselisih di perjalanan, Tentunya akan beresiko sekali jika kita berselisih di dalam pendakian, karena jika sampai kita pisah dengan teman hanya karena perselisihan, maka akibatnya pun akan besar. Bukan tidak mungkin kita akan kehilangan mereka atau bahkan kita sendiri yang akan tersesat atau terjadi sesuatu. Kita tidak tahu apa yang akan terjadi dengan teman kita juga.

Jadi alangkah lebih baiknya kita bisa menjadikan diri kita sendiri sebagai teman yang baik dan menyenangkan buat mereka. Berikut ini tips-tips memilih teman yang baik untuk pendakian atau perjalanan Anda :


Pastikan Anda memiliki prinsip yang sama soal dana atau budget

Salah satu faktor yang bisa mengakibatkan perpecahan anatara rekan seperjalanan adalah perbedaan prinsip soal budget. Kalau Anda menyukai travelling ala backpacker yang seru dan penuh tantangan serta petualangan, bisa dipastikan kita akan selalu bertentangan jika bersama teman travelling yang menyukai kemewahan saat liburan. Lebih baik kita mencari teman perjalanan lain yang memiliki kegemaran dan budget yang sama dengan kita agar kita bisa menikmati perjalanan tanpa ada yang mengganjal di hati.
Sebelum berangkat kita harus memperhitungkan dengan cermat kira-kira berapa uang yang akan dibutuhkan untuk perjalanan. Pastikan membawa uang tunai yang cukup dan untuk kondisi darurat pastikan mempunyai cadangan di ATM


Persiapan yang baik

Persiapan sebuah perjalanan hendaknya tidak diserahkan kepada satu orang semata. Memang perlu ada satu orang yang bertindak sebagai koordinator atau pencari informasi, namun bila ada informasi atau koneksi yang Anda ketahui segeralah berbagi dengan sang koordinator. Disamping membantu proses persiapan menjadi cepat, fasilitas atau apapun yang dipilih akan sesuai dengan selera Anda. Jika tidak ambila bagian dalam persiapan, Anda harus menerima tanpa syarat apapun yang dipilih koordinator.

Aktivitas apa yang teman sukai saat berlibur?

Karena kita akan sering melakukan berbagai aktivitas bersama, tentu akan lebih baik jika kita punya teman yang punya kegemaran sama dan mirip  seperti kita. Jika kita senang petualangan, pastikan rekan kita juga senang melakukannya. Atau jika mempunyai minat yang berbeda pastikan teman kita tidak keberatan melakukan aktivitas favorit kita masing-masing.

Perlengkapan yang dibawa

Hal yang paling sering dan menjengkelkan teman adalah teman yang lupa membawa perlengkapan standar. Maka siapkan bawaan Anda dengan teliti, jangan sampai perlengkapan dasar seperti sabun, lotion, pasta gigi dll ketinggalan.
Bila ada yang tertinggal dan memungkinkan untuk dibeli seperti sabun mandi, lebih baik kita membelinya daripada selalu minta teman saat mau mandi. 

Toleransi

Jalan bersama orang lain berarti harus siap dengan sikap toleran yang cukup tinggi. Ketika melakukan perjalanan jauh dan membawa motor, ya patut kiranya kita menyumbang untuk membeli bensin.


Apa tujuan mereka dalam perjalanan itu?

Sebelum memutuskan berpergian dengan satu orang tertentu tanyakan kepada merekan, apa yang ingin didapatkan dari perjalanan tersebut. Apakah mereka ingin menyelami kebudayaan di tempat wisata atau mengunjungi dan menikmati kuliner? Apa hanya ingin melihat keindahan alamnya? Jadi pastikan rekan seperjalanan kita punya minat yang tidak terlalu berbeda supaya kita tida perlu berkompromi terlalu banyak.

Ajak dan pilih teman yang bisa diajak berbicara

Kita akan menghabiska hampir seluruh waktu libur bersama teman, jadi pastikan rekan seperjalanan kita adalah orang yang menyenangkan untuk diajak berbicara dan nyambung saat mengobrol. Kalau sejak awal kita sudah merasa terganggu dengan kehadiran orang itu, mungkin berpergian bersama bukan ide yang bagus.

Bagikan

Jangan lewatkan

Menentukan Teman dan Partner Perjalanan yang Baik
4/ 5
Oleh

Subscribe via email

Suka dengan artikel di atas? Tambahkan email Anda untuk berlangganan.