Sunday 22 March 2015

Goa Cerme Keindahan Dinding Bawah Tanah yang Memukau

Goa Cerme ? Dimana ? Pernah berenang menyusuri goa dengan pemandangan stalagtit dan stalagmit yang eksotis? Itulah hal-hal istimewa yang patut Anda coba jika berkunjung ke Yogyakarta.



Wisata Goa Cerme terletak di Dusun Srunggo, Desa Selopamioro, Kecamatan Imogiri, Bantul, atau 20 km arah selatan Yogyakarta. Wilayah Imogiri adalah wilayah yang masih cukup asri, makanya sangat ideal buat Anda para wisatawan yang ingin menikmati alam yang masih terjaga. Tak seperti di kota yang ketika liburan akan dipenuhi oleh banyak orang, sehingga kita tidak bisa menikmati. Lain dengan di sini, tempatnya sangat nyaman dan tenang, sehingga kita bisa sejenak melupakan kebisingan dan keramaian kota.

Kata "Cerme" artinya adalah ceramah atau sebuah pembicaraan. Pada awalnya memang dulu goa ini digunakan oleh Walisongo untuk menyebarkan ajaran agama Islam di Jawa. Goa ini pula yang menjadi tempat para wali merancang bangunan masjid Demak.

Goa ini adalah goa terbesar di Imogiri dan berada diketinggian 500 mdpl. Untuk menuju ke Goa Cerme, pertama Anda harus menaiki sekitar 750 anak tangga. Panjang dari Goa Cerme sendiri adalah sekitar 1,5 km dan menembus dua wilayah, karena itu pintu masuk ada di Dusun Srunggo, sedangkan pintu keluarnya ada di daerah Ploso, Kabupaten Gunung Kidul.

Di dalam goa ini Anda bisa menikmati keindahan dinding-dinding goa yang dipenuhi dengan stalagtit dan stalagmit. Untuk dapat menikmatinya Anda harus rela berendam di air yang kedalamannya 0,5 - 1,5 meter, karena lantai goa bukanlah tanah atau batu, melainkan seperti sungai. Yang perlu Anda ketahui di dalam goa juga terdapat banyak sarang kelelawar dan keadaan di dalam goa sangat gelap, jadi Anda harus lebih berhati-hati saat menyusurinya. Tapi tenang saja disini Anda juga bisa menyewa jasa pemandu untuk menemani perjalanan Anda menyusuri goa, jadi tak usah terlalu khawatir.


Di dalam Goa Cerme sendiri terdapat beberapa ruangan yakni Panggung Pertemuan, Air Zamzam, Mustoko, Air Suci, Watu Kaji, Pelungguhan, Kraton, Watu Gantung. 

Pengunjung yang ingin merasakan sensasi berpetualang di dalam di dalam Goa Cerme sebaiknya menyiapkan alat penerangan dan membawa pakaian ganti. Jangan lupa juga untuk membawa kantong plastik untuk membungkus barang elektronik supaya tidak basah terkena air. Selanjutnya Anda bisa menikmati liburan Anda menyusuri goa dengan tenang.

Jangan lupa mampir kesini saat Anda berpergian ke Yogyakarta!!


Bagikan

Jangan lewatkan

Goa Cerme Keindahan Dinding Bawah Tanah yang Memukau
4/ 5
Oleh

Subscribe via email

Suka dengan artikel di atas? Tambahkan email Anda untuk berlangganan.