Friday 27 March 2015

Sepenggal Cerita di Gunung Sumbing

Ini hanyalah sebatas cerita gue dan kawan-kawan sewaktu mendaki Gunung Sumbing di Wonosobo Jawa Tengah. Yah tepatnya hari itu Jumat, 20 Maret 2015 jam 8 malem kita berangkat dari Yogyakarta. Oh iya gue lupa belum memperkenalkan diri, my name is........ ?? :o ahh sebut saja nama gue ya Gue. Takutnya kalo gue sebutin nama, orang bakal ngiranya kalo  gue cewek, padahal gue itu mah cowok men.






Gue adalah seorang yang baru kemarin mulai ikut mendaki gunung, yah sebut saja anak kemarin sore lahh, tapi Gunung Sumbing adalah gunung kesepuluh yang gue daki semenjak pendakian pertama ke Gunung Semeru pada Agusutus 2014. Wissss ternyata gue udah pernah ke Semeru ahhaha.. (dengan agak tertawa sinis). 



kalo loe semua penasaran ini gue :v

Setelah memperkenalkan diri, gue juga akan memperkenalkan kelima teman tongkrongan gue, meskipun sebenarnya gak suka nongkrong, tapi gpp lah biar keren dikit.kwkwkw :v


Pertama ini teman gue yang baru kenal masih kemarin sore, maksudnya kemarinnya lagi :D . Sebut saja namanya Bima, kalo elo semua suka ngliat Mahabarata ya pasti tau Bima itu siapa wkwk :v . Sorry..sorry gue bercanda., meskipun namanya Bima tapi gak seperti Bima dalam kisah pandawa yang memiliki badan gede. Dia mah orangnya biasa aja gak kurus gak gede, ya sedanglah. Nah rumah si Bima ini adalah tujuan pertama kita sebelum melakukan pendakian. Rencananya sih kita nginap di rumahnya dulu malam ini sambil istirahat dan mempersiapkan buat pendakian keesokan harinya. Rumah si Bima ada di Temanggung Jawa Tengah, nah dari sini udah gak jauh kalo menuju basecamp pendakian Gunung Sumbing yang ada di Garung Wonosobo.



Si Bima Keluarga Pandawa :D

Teman Kedua gue, yakni si Nakula, ehh.. maksudnya si Arif hahaa :D. Gara-gara yang tadi namanya Bima sekarang gue ngiranya kisah Pandawa wkwk. Si Arif ini mah teman gue dari Magelang. Tau gak loe Magelang? Hah gue rasa loe pada tau semua dimana Magelang. Kalo gak tau coba loe buka peta dan cari tuh Magelang sampe ketemu. Si Arif mah bisa dibilang teman gue yang paling bahagia dari teman-teman yang lainnya. Makhlum dia mah udah punya istri, ehh maksudnya pasangan, belum nikah loe guys. :D masih pacaran, jadi ada yang memperhatiin hehe. Si Arif ini tak pernah lepas dari slayer hitam di kepalanya. Selama mendaki sama gue, kemanapun tuh slayer gak boleh ketinggalan, makhlum sih miliknya si cewek hehehe :D Mungkin buat penyemangatnya kalee..



Si Arif dengan slayer yg tak pernah lepas

Teman Ketiga gue adalah teman satu nasib dan satu kos lagi sama gue. Dia bisa dibilang adalah teman yang saat ini keadaannya mungkin lagi mengenaskan hehe bukan mengenaskan sih, kalo mengenaskan mah terlalu gak enak didengernya, bikin iba. wkwk. Maksudnya tadi teman yang sedang mencari dimana tulang rusuknya berada.. Maksudnya pasangan Bro.. :D. alias sekarang lagi Jones si dia hohoh :D.  eh gue lupa sebut namanya, wajar saja gue terlalu asyik bicarain kejombloannya. Sebut saja dia Kang Ali. Orangnya sih gak terlalu banyak bicara, tapi selalu khas dengan "Mbake" (cewek yg dia suka, dia menyebutnya mbak e) wkkw . Meskipun si Kang Ali ini sedikit pendiem, pemalu dll. Tapi ternyata dia itu berani loe bro.. berani ngungkapin perasaannya pada cewek yang dia suka, bahkan rela sengaja mampir ke tempat kerja buat ngomong itu. Bisa bayangin nggak loe kalo itu gue?? :o. Gue mah gak bakal berani, jalankan nyamperin, bilang dari sms aja mah gue gak berani bro. Padahal kan cuman bilang gue sayang kamu, trus tinggal kirim selesaikan? Tapi gue gak berani, beda dengan si Kang Ali, gue mah salut dengan dia dan perjuangan untuk mendapatkan  "Mbake" hhahah ..



Kang Ali, lihat lah betap sok seriusnya dirinya

Keasyikan ngomongin Kang Ali gue jadi lupa ngenalin teman keempat gue, yah dia mah teman yang paling kecil imut-imut, cakep, putih.wkwk itu mah kata ibunya. :v Sorry sorry intermezzooo.. Sebut saja namanya Gopal. Dia ini terkenal mah terkenal banget ditongkrongan ini, terkenalnya gara-gara Tolak Angin. Tau gak apa yang terjadi antara dirinya dengan si Tolak Angin?? Ceritanya si Tolak Angin ini terminum oleh si Gopal, bukan terminum sih, tapi tepatnya emg diminum. Waktu itu di pendakian sebelumnya udara berhembus kencang dan sewaktu perjalanan turun dia minum si Tolak Angin tadi dengan harapan biar gak masuk angin. 

APA yg kemudian terjadi? Dia malah terkena masuk angin, mungkin karena si perut marah kali karena dia belum dimasukin makan tapi udah dikasih penolak angin. wkwk jadinya kembung, lemes dan akhirnya gue sama si Arif dibuat menunggu selama semalem di pinggir jalan nungguin dia turun dan ternyata tidur di pos 1.
hahahaha sudah sudahh.. gak abiz-abiz entar ini cerita :v


Si Gopal dengan keimutannya

Teman kelima gue, dia adalah cowok yang bisa dibilang paling feminim ditongkrongan ini. Sebut saja namanya si Tika, ehh si Tiko maksudnya. Dia adalah cowok yang terkenal karena dengan khasnya ketika mendaki Gunung Sumbing yakni "Waterproof". Loe semua gak tau kan apa maksudnya dengan waterproof. gue juga bingung maksudnya apa dan apa hubungannya?? :o. Santai..santai.. mari gue jelasin. Kata waterproof berarti tahan air. Nah ceritanya waktu diperjalanan menuju Temanggung, tiba di jalan hujan deras. Nah dia kan yang ada di barisan terdepan dan gue sama si Gopal ada dibarisan belakang jadi pengikutnya. Dipikiran gue pasti bentar lagi dia berhenti pakek jas hujan, setelah lama sampek pikiran gue gak nyampek, eh dia kagak berhenti-berhenti. Dan akhirnya kita baru berhentu di rumah si Arif yang kebetulan deket dari situ. Setelah sampek dan turun di rumah Arif, gue sama teman-teman yang lain bertanya-tanya? "kenapa tadi gak berhenti makek jas hujan? lihat ini basah semua" Dan ternyata akhirnya pikiran kita tertuju pada si Tiko yang tadi menjadi pengemudi paling depan. Dan ternyata kita baru sadar kalo jaket yang baru dibeli seharga 280 ribu, wkwk kesebut broo sorry.. lanjut lagi, ternyata jaket yang baru dia beli tadi itu waterproof alias tahan air bro.. wkwkkwkwkwk pantesann pantesan dia tadi gak berhenti, dia mah gak kebasahan.. isshhh payah si Tiko -_-

Selain itu dia adalah orang yang paling suka makan, ngabis-ngabisin minum sewaktu pendakian, gue heran sama dia, makannya banyak amattt :o. Eh tunggu dulu ada satu yg ketinggalan dari dia, suka banget tidurr. Baru sampek dan buat tenda, eh si bocah itu udah tidur sampek sore. Dan herannya lagi padahal semua temen-temennya gak ada yang tidur, habis maghrib dia sudah tidur lagi, paling siang lagi bangunnya.. payah ini anak orang -_-


teman terakhir gue si Tiko anak mama wkwk


Keesokan paginya setelah beristirahat di rumah Bima, kita berangkat menuju Garung Wonosobo. Sekitar 1 jam perjalanan akhirnya kita sampai di basecamp pendakian Gunung Sumbing. Disini kita melakukan registrasi dan mengisi data diri sebelum mendaki. Setelah melakukan registrasi kita berangkat mendaki dengan jalur awal masih aspal dan kemudian ganti menjadi makadam.

Dari basecamp menuju Pos 1 kita harus menempuh perjalanan selama kurang lebih 2 jam jika cepat dengan melewati jalur makadam sampai pos 1. Ketika di perjalanan menuju pos 1, eh disitu kita sering disalip dengan pendaki yang naik ojek untuk menuju pos 1. Kebayang nggak loe semua gimana perasaan kita?? :o Kita butuh waktu 2 jam dengan berjalan kaki, nah mereka cuman butuh waktu 15 menit saja. Gila loe bro, jalan capek-capek dengan medan yang terus naik, eh disalip sama ojek. -_- belum lagi pas perjalanan disini hujan tiba-tiba turun bro membasahi tubuh ini dan angin kencang pun menerpa. hahah sok mendramatisir ini ceritanya. hehe

hujan, nanjak, belum lagi bawa kulkas :o

Memang sihh kita gak naik ojek juga, karena makhlum lah anak kos :D ahhaa. Selain ngirit, rasanya bagi kita kurang afdol dan gak ada sensasinya kalo ndaki naik ojek. Itu ndaki ato mau ke pasar bang? kwkw.. eitsss...

wajah kesengsaraan hahaha

Setelah tiba di Pos 1, kita gak beristirahat terlalu lama dan langsung memutuskan untuk melanjutkan perjalanan. Dari Pos 1 jalan kini berubah menjadi tanah merah dan sangat licin ketika hujan. Medan awal sih masih lumayan landai, tapi licinnya itu yang bikin kita harus jatuh bangun (agak lebay dikit). Gak lama berjalan, sekitar 30 menitan kita sudah sampai di Pos 2. 
Di pos 2 kita hanya beristirahat sebentar lalu minum-minum saja. Setelah itu kita lanjutkan perjalanan lagi menuju pos 3. Dari pos 2 menuju pos 3 jarak yang harus ditempuh lumayan jauh dengan medan yang semakin menanjak dan masih licin. Setelah berjalan sekitar 2 jam kita sampai di pos 3.

Kitapun gak beristirahat terlalu lama dan memutuskan untuk melanjutkan perjalanan menuju Pestan (pos 4). Dari pos 3 medan gile men, naik banget. Hati-hati karena licin sekali dan sangat menanjak. Jarak dari pos 3 menuju pestan lumayan deket, hanya sekitar 30 menit saja. Setelah sampai di Pestan kita memutuskan untuk ngecamp dan mendirikan tenda disini. Kali ini tetap gue yang bawa tenda, loe kebayangkan tersiksanya hidup gue kemana-mana suruh bawa tenda dan yang lain cuman bawa makanan. Gak hanya itu men, gue juga harus mendirikan tenda, double kerjaan gue. Ini kalo zaman dulu namanya kerja paksa, tapi karena gue ikhlas jadi namanya kerja ikhlas meskipun terpaksa hehehe :D



Setelah tenda berdiri disini gue dan si Gopal langsung masak mie instan. Makhlum perut sudah keroncongan dari tadi pagi belum keisi.. hehe. Setelah makan kita pun beristirahat sambil menunggu gelap. Kondisi cuaca pada saat itu masih mendung dan berkabut. Pemandangan kota tak terlihat dari atas.

Malam harinya langit sudah mulai sedikit terbuka dan bintang-bintang mulai muncul, gemerlap lampu kota pun juga sudah bisa terlihat. Begitu indah dan membuat kita merasa bahwa kita begitu kecil di dunia ini.


Eitss setelah itu langitpun tertutup lagi dan kita memutuskan untuk beristirahat dan tidur sebelum nanti jam 2 pagi harus bangun untuk perjalanan menuju puncak.

Di kedinginan dan kesunyian malam sambil mengenakan pakaian hangat dan sleeping bag kita pun lambat laun tertidur. Tak lama kemudian terdengar alunan yang begitu merdu, bukan merdu sih tapi semacam alunan suara orang kecapekan. Suara dengkuran ini membuat gue dan si Bima teman samping gue brasa pengen tertawa sendiri. Makhlum sih karena saking kerasnya sampek dari luar ketika ada pendaki yang lewat samping tenda bisa mendengarnya hahaha. 

Malam berlalu dan akhirnya kita terbangun sekitar jam setengah 2 malam. Dengan mata yang masih kabur kita packing buat perbekalan dan perlengkapan yang mau dibawa ke puncak. 


Dengan 2 botol minum dan beberapa bungkus roti, kita berangkat menuju puncak tepat pukul 2 pagi. Jalur pendakian semakin menanjak terus dan gak ada landai-landainya. Gunung Sumbing memang terkenal disini karena jalur pendakiaannya yang berat dibanding gunung lainnya seperti Merbabu, Merapi atau Sindoro. Berjalan menyusuri medan yang menanjak dan licin karena basah habis terkena air hujan.


Berjalan sekitar 30 menit dari pestan kita sampai di Pasar Watu. Sejenak kami berhenti untuk sekedar foto-foto cuy.. ehehe.  Puas foto-foto kita lanjutkan perjalanan menuju nasi kotak, eh ehh bukan nasi kotak melainkan Watu Kotak. Nampaknya memang kita sudah dibuat berhalusinasi atau berkhayal yang aneh-aneh, sampai pos yang namanya Watu Kotak kita sebut nasi kotak. Ini mah mungkin karena efek perut yang kelaparan. 

Dari Watu Kotak masih setengah perjalanan lagi untuk sampai puncak, tapi disini air cuman tersisa satu botol itu aja gak penuh. Padahal kan gue masih minum sedikit? :o Wah nampaknya ini yang bawa botol si Tiko sih, makhlum minumnya banyak sih kkwkw. Terpaksa kita harus berhemat karena persediaan air tinggal sedikit dan belum nanti dibuat turun.

Dari Watu Kotak medan semakin menanjak saja. Dari kejauhan terlihat Gunung Sindoro yang juga berdiri megah disamping Gunung Sumbing ini. Nampaknya disana juga ada pendaki yang sedang melakukan summit, buktinya terlihat cahaya-cahaya senter sedang berjalan menuju puncak. 


Setelah 1 jam berjalan dari Watu Kotak akhirnya kita sampai di Puncak Kawah yakni Puncak Tertinggi di Gunung Sumbing dengan ketinggian 3.371 mdpl. Disini kita bisa melihat sunrise dan view Gunung Sindoro yang terlihat sangat jelas. Kita memang beruntung karena dikasih cuaca cerah ketika sampai di atas. Jadi kita bisa menikmai view pemandangan dari Puncak Gunung Sumbing ini. Disini kita puas-puasin foto-foto hehee. Masing-masing dari kita udah pada nyiapin tulisan di kertas masing-masing. Gue nulis  buat seseorang yang ada disana bahwa dia itu penting buat gue wkkw (ceritanya gue ngungkapin rasa). Teman gue si Arif seperti biasanya menuliskan kata-kata buat si ceweknya, nah sedangkan si Bima menuliskan pesan untuk adiknya, disini gue ngrasa sedih Bim huhuhuhu :'( 



tulisan gue 


 Arif buat si cewek



Si Bima for his brother


Nah ini mah Kang Ali dengan pose sok coolnya wkkw


Nah gue lupa dengan si Kang Ali, yang pasti dia tak ketinggalan menuliskan kata-kata buat si Mbaknya hehee. Dasar si Kang Ali ternyata efek jomblonya udah akut banget wkwkwk :v 
Seperti biasa kita tak lupa selfie bareng, biar ada kenangan men. hehe. Setelah puas foto-foto di puncak akhirnya kita memutuskan untuk turun.


Nah itulah sepenggal kisah gue dan kawan-kawan di Gunung Sumbing, sebenernya masih banyak yang belum tertuliskan diatas, tapi makhlum si penulis masih butuh inspirasi dan ketenangan. Si penulis lagi galau men kwkwk :v Sampai jumpa dikisah berikutnya hoho :D Salam Lestari!!




Bagikan

Jangan lewatkan

Sepenggal Cerita di Gunung Sumbing
4/ 5
Oleh

Subscribe via email

Suka dengan artikel di atas? Tambahkan email Anda untuk berlangganan.