Thursday 26 March 2015

Sumber Pitu Destinasi Air Terjun Eksotis Kabupaten Malang

Sumber Pitu ? Tentunya masih banyak yang belum tahu atau mendengarnya. Baru-baru ini destinasi ini ramai menjadi perbincangan dikalangan wisatawan-wisatawan. Mendengar nama air terjun apalagi di Kabupaten Malang, rasanya sudah tidak heran dan kaget lagi. Pasalnya memang terdapat banyak air terjun di daerah ini. Sebut saja seperti Coban Rondo, Coban Pelangi, Coban Talun dll. Tapi yang baru dan mempunyai daya tarik yang sangat besar adalah Air Terjun Sumber Pitu atau biasanya juga disebut Coban Sumber Pitu.

Sumber Pitu sendiri terletak di Dusun Tulungrejo, Desa Pujon Kidul, Kecamatan Pujon, Kabupaten Malang. Kawasan air terjun ini masih belum banyak diketahui oleh masyarakat luas dan hanya baru dikenal di sekitar daerah Pujon saja karena memang masih belum dibuka untuk umum.
Sumber Pitu memiliki daya tarik tersendiri daripada air terjun lainnya, khususnya yang ada di Kabupaten Malang. Airnya pun masih sangat jernih dan alami serta tersembunyi di tengah hutan. Masyarakat Pujon Kidul sendiri biasanya menyebut air terjun ini dengan Sumber Pitu atau Air Terjun Tujuh.

Untuk menuju ke Sumber Pitu kita harus menuju Desa Pujon Kidul terlebih dahulu. Untuk sampai di desa tersebut jika dari Kota Malang dapat ditempuh menggunakan kendaraan umum atau pribadi. Jika menggunakan kendaraan pribadi dari arah Batu langsung saja menuju arah Pujon atau Jombang-Kediri. Setelah kita melewati patung tugu sapi terdapat pertigaan Ringin Punden, nah dari situ kita belok ke kiri lalu lurus menuju arah barat sampai masuk ke Desa Pujon Kidul.
Jika menggunakan kendaraan umum maka kita bisa naik bus Puspa Indah dari Terminal Landungsari Malang tujuan Kediri-Jombang atau  jika dari terminal Batu bisa naik angkutan BNK jurusan Batu-Ngantang-Kasembon. Kemudian kita turun setelah pertigaan patung sai dan kita bisa naik ojek di pertigaan Ringin Punden.

Untuk menikmati Air Terjun Sumber Pitu kita harus bersusah payah karena kawasan ini tersembunyi di balik rerimbunan hutan. Medannya cukup berat untuk dilalui dan harus berjalan kaki. Kita harus menempuh perjalanan sekitar 7 km dari pemukiman terdekat.

Jalur menuju Sumber Pitu masih terjaga kealamiannya dan untuk menempuhnya terdapat tiga jalur yang menantang yakni jalur offroad dengan jalan berlubang, berbatu, naik dan turun serta menanjak sejauh 2,5 km dari Tulungrejo. Kita bisa menempuhnya dengan motor cross atau mobil offroad atau juga bisa berjalan kaki.

Jalur kedua adalah jalur climbing atau mendaki. Kita harus mendaki sekitar 3 km dengan kontur tanah yang naik turun melewati semak berduri dan rumput ilalang. Di jalur ini kita bisa menikmati pemandangan gunung dan tebing-tebing yang indah. Namun kita harus berhati-hati karena kanan kiri berupa jurang yang cukup curam. Sesekali kita juga akan mendengar kicauan burung-burung dan gemericiknya air. Di jalur ini kita bisa menempuhnya dengan santai sambil menikmati alam sekitar dan menghemat energi.
Jalur yang terakhir adalah kita harus melewati jalan yang sempit dengan tebing curam di samping kanannya, kemudian dilanjutkan dengan menembus tebing yang diselimuti oleh tumbuhan yang lebat.  Jarak tempuh untuk sampai ke Sumber Pitu masih sekitar 2,5 km. Pada jalur ini kita harus benar hati-hati karena memang kondisi jalan yang sangat licin dan menurun. Disini juga banyak tanaman berduri sehingga badan bisa terluka karenanya jika kita tidak berhati-hati dan waspada.

Jika kita sudah dekat dengan Sumber Pitu akan ditandai dengan adanya suara air yang cukup deras, udara dingin, lembab dan tumbuhan disekitar yang basah. Setelah itu kita akan disambut dengan air terjun yang cukup besar. Di jalur paling akhir kita harus melewati medan cukup berat dengan memanjat tebing dengan kemiringan skitar 45 derajat. Kondisi tebing ditumbuhi oleh tanaman-tanaman merambat dan setelah itu baru kita akan sampai.

Sumber Pitu sendiri sebenarnya berada di kawasan hutan lindung dan mempunyai 14 coban yang jaraknya saling berdekatan. Disini juga terdapat satu aliran coban lainnya yang letaknya berada di bagian bawah dan dinamai Coban Tunggal yang mempunyai aliran yang deras dan besar. Di lokasi ini kita bisa menikmati pemandangan coban dan mengabadikan diri dengan foto-foto.

Nah bagi Anda yang sedang berpergian ke Malang, jangan melewatkan air terjun yang satu ini.

*dikutip dari sumber-sumber

Bagikan

Jangan lewatkan

Sumber Pitu Destinasi Air Terjun Eksotis Kabupaten Malang
4/ 5
Oleh

Subscribe via email

Suka dengan artikel di atas? Tambahkan email Anda untuk berlangganan.