Thursday 12 March 2015

Tips Menentukan Jumlah Air Untuk Mendaki Gunung

Mendaki gunung dan air adalah satu kesatuan yang tak terpisahkan, karena disisi lain memang manusia membutuhkan air untuk mengisi cairan tubuh. Air adalah salah satu hal terpenting yang harus dibawa ketika kita melakukan pendakian. Memang air adalah salah satu barang terberat dalam ransel kita, oleh karena itu bagaimana kita bisa mengira-ngira atau menentukan jumlah air yang harus dibawa sewaktu pendakian agar efektif. 


Membawa air terlalu sedikit takutnya nanti di tengah perjalanan kehabisan dan akan menyebabkan dehidrasi dan tak bertenaga, perjalanan pun akan terasa sangat melelahkan dan tentunya akan mudah emosi. Tapi disisi lain membawa air terlalu banyak akan menambah beban yang kita bawa. Oleh karena itu pentingnya membawa air sesuai kebutuhan dan mencukupi, jadi tidak terlalu banyak dan tidak terlalu sedikit. Air sangatlah penting selain untuk minum, air juga digunakan untuk memasak di gunung.

Berikut ini adalah tips menentukan jumlah air yang harus dibawa ketika  mendaki gunung :

1. Perhatikanlah Jumlah Anggota

Saat mendaki gunung perhatikan jumlah anggota yang ikut. Disitu perkirakanlah berapa jumlah air yang harus dibawa oleh masing-masing individu. Jangan sampai ada individu yang tidak membawa air. 
Saat mendaki seorang diri akan lebih mudah menentukan jumlah air yang mesti dibawa, karena kita pasti tahu sebanyak apa biasanya air yang kita butuhkan dalam pendakian. Lain halnya jika mendaki dengan tim, tentunya setiap anggota memiliki kebutuhan air yang berbeda-beda sesuai ketahanan tubuh dan seberapa kuat dia menahan haus. Biasanya setiap orang membutuhkan 2-3 liter air, nah dari situ kita tinggal mengalikan saja dengan jumlah anggota, kemudian tambahkanlah beberapa untuk memasak dan sebagai cadangan.


2. Perhatikan Waktu Perjalanan dan Cuaca

Panjang waktu perjalanan yang kita lakukan adalah salah satu faktor utama untuk menentukan jumlah air yang perlu kita bawa. Untuk perjalanan yang pendek, kita bisa mengurangi jumlah air yang harus dibawa. Namun jika waktu perjalanan panjang, maka kita perlu membawa persediaan air yang lebih banyak. 
Cuaca juga mempengaruhi, karena jika cuaca mendung atau hujan, tentunya kebutuhan airpun tidak akan banyak, tapi jika kondisi cuaca begitu panas dan terik, tentunya kebutuhan akan air akan bertambah, karena tubuh membutuhkan lebih banyak cairan guna menghindari dehidrasi.

3. Cari Tahu Informasi Mengenai Sumber Air

Sebelum mendaki gunung, carilah informasi mengenai gunung yang akan kita daki. Carilah informasi mengenai sumber air di gunung tersebut. Ini adalah salah satu hal yang tak kalah penting dan perlu diperhatikan.
Jika kita membawa persediaan air terlalu banyak padahal disana terdapat banyak sumber air, tentunya akan hanya membuat beban kita menjadi berat dan sia-sia, karena akan percuma dengan air yang kita bawa. Tapi jika kita mendaki membawa persediaan air yang sedikit tapi tak ada sumber air, disitu kita akan kekurangan air.
Oleh karena itu hal ini sangatlah penting untuk mengantisipasi seberapa bekal air yang harus kita bawa.

4. Cari Informasi Tentang Medan Pendakian

Carilah informasi tentang medan pendakian. Jika jalur atau medan pendakian panjang dan berat, tentunya kebutuhan air pun juga semakin banyak, tapi jika medan pendakian landai atau sedang-sedang saja, apalagi tidak terlalu jauh, tentunya kita tidak perlu membawa persediaan yang terlalu banyak. 
Meskipun andaikan medan yang kita lewati sangatlah berat dan jauh, tapi kita juga harus mengira-ngira seberapa besar kebutuhan air, dan juga tentunya kita juga harus lebih menghemat air. Kita sadar akan kebutuhan air yang banyak jika medan yang kita lalui begitu berat, tapi disisi lain kita juga akan kesulitan dan keberatan jika membawa air terlalu banyak di medan yang seperti itu.

5. Berapa Lama Anda di Gunung

Berikutnya juga hal penting, kita harus memperhatikan berapa lama rencananya kita ngecamp di gunung? Semakin lama atau berhari-hari tentunya juga kebutuhan semakin bertambah, tapi jika hanya satu hari atau dua hari tentunya kita juga tidak perlu membawa persediaan air yang banyak.


Bagikan

Jangan lewatkan

Tips Menentukan Jumlah Air Untuk Mendaki Gunung
4/ 5
Oleh

Subscribe via email

Suka dengan artikel di atas? Tambahkan email Anda untuk berlangganan.