Wednesday 9 September 2015

Seorang Petualang

Petualang.. seseorang yang mengorbankan waktu demi menyempatkan diri menjelajah alam. Seseorang yang naif dan nekat dengan keluguannya melakukan perjalanan kemana yang dia mau seoalah tiada arang melintang. Tapi karena kenekatannyalah dia sampai ke tempat dimana dia tuju.



Petualang adalah orang yang suka dan selalu berangan-angan. Lamunannya melampaui batas langit dan cakrawala, menggantung di udara. Tapi karena lamunan dan angan-angan itulah manusia menginjakkan kaki di bulan.

Karena mereka para petualanglah dunia terbuka. Berkat para petualang dunia dan segala isinya terkuak. Berkat mereka manusia saling mengenal satu sama lain.

Petualangan dimulai ketika bumi mulai diciptakan entah bagaimana bentuknya. Ketika manusia dilahirkan dan diberi kehidupan. Penjelajahan dimulai ketika tidak ada satu petunjukpun untuk mencapai tujuan. 

Dunia ini masih penuh dengan rahasia, dan mereka para petualanglah yang membuka rahasia alam itu.

Petualang adalah orang-orang yang romantis. Dia resapi, dia puja, dia pelihara, dia cintai sepenuh hati, dia jadikan puisi-puisi indah, dia jadikan lukisan yang cantik alam yang mereka kunjungi. Bukan hanya menikmatinya, tapi menyentuhnya dengan kelembutan dan kecintaan. 

Petualang yang santun adalah ketika dia datang dan pergi tanpa meninggalkan bekas. Petualang yang ramah dan selalu menyapa setiap orang yang dia temui.

Mengapa mereka melakukan petualangan yang penuh resiko? Karena ada keinginan yang menggelora untuk melihatnya. Penderitaan dalam perjalanan tidak akan menghentikan langkahnya untuk mendapat sebuah kepuasan batin. 

Petualang adalah mereka yang berani mengorbankan nyawanya demi mencapai apa yang mereka tuju. Mengulurkan tangannya untuk menolong teman, berbagi sedikit air atau makanan meskipun tidak punya banyak bekal.

Petualang yang sukses adalah dia yang berhasil kembali pulang dengan selamat. Tujuan bukanlah segalanya. Karena petualangan adalah sebuah proses sejak langkah pertama, kedua, sampai langkah terakhir. Bukan semata-mata sampai di tempat yang di tuju.

Proses akan membentuk petualang menjadi manusia yang mawas diri, setia kawan, bertanggung jawab, berjiwa besar, pemberani dan penyayang.

Petualang adalah mereka yang menjadi wakil bagi banyak orang yang tidak mendapat kesempatan mengunjunginya. Dan oleh karena itu mereka menuliskandan merekamnya untuk orang-orang yang tidak mendapat kesempatan itu. Itulah peran mulia seorang petualang dan penjelajah.


Bagikan

Jangan lewatkan

Seorang Petualang
4/ 5
Oleh

Subscribe via email

Suka dengan artikel di atas? Tambahkan email Anda untuk berlangganan.