Saturday 10 January 2015

Mengungkap Hal Mistis di Gunung Lawu

Cerita Misteri Gunung Lawu


Gunung Lawu terletak di perbatasan Jawa Tengah dan Jawa Timur. Status Gunung Lawu sendiri adalah gunung berapi tidak aktif atau sudah lama tertidur. Gunung Lawu memiliki ketinggian 3.265 Mdpl. Gunung Lawu adalah salah satu gunung di Indonesia yang juga banyak diminati kalangan pendaki. Di balik itu ternyata Gunung Lawu juga menyimpan banyak cerita dan hal mistis.

Gunung Lawu bersosok angker dan menyimpan misteri dengan tiga puncak utamanya yakni Harga Dalem, Harga Dumilah, dan Harga Dumiling. Ketiga puncak itu dimitoskan sebagai tempat sacral di Tanah Jawa. Harga Dalem diyakini masyarakat setempat sebagai tempat pemasoksan Prabu Bhrawijaya Pamungkas. Harga Dumiling diyakini sebagai tempat pamoksan Ki Sabdopalon dan Harga Dumilah merupakan tempat misterius yang sering dipergunakan sebagai ajang kemampuan olah batin dan meditasi.

Konon katanya Gunung Lawu merupakan pusat kegiatan spiritual di Tanah Jawa dan berhubungan erat dengan tradisi dan budaya keratin, misalnya upacara labuhan setiap bulan Suro (muharam) yang dilakukan oleh Keraton Yogyakarta.

Siapapun yang hendak pergi ke puncak, maka harus berbekal pengetahuan perihal wewaler atau peraturan yang tertulis yakni larangan tertentu untuk tidak melakukan sesuatu baik bersifat perbuatan maupun perkataan. Bila pantangan ini dilanggar maka pelaku bakal bernasib naas.


Tempat-tempat lain yang diyakini misterius oleh penduduk setempat selain tiga puncak tersebut yakni : Sendang Inten, Sendang Drajat, Sendang Panguripan, Sumur Jalatunda, Kawah Candradimuka, Repat Kepanasan (Cakrasurya), dan Pringgadani. Bagaimana situasi Majapahit sepeninggal Sang Prabu Bhrawijaya? Konon sebagai pengganti tugas kerajaan adalah pangeran Katong. Figur ini dimitoskan sebagai seorang sakti yang muksa di Ponorogo, suatu wilayah Gunung Lawu di lereng tenggara.

Bagikan

Jangan lewatkan

Mengungkap Hal Mistis di Gunung Lawu
4/ 5
Oleh

Subscribe via email

Suka dengan artikel di atas? Tambahkan email Anda untuk berlangganan.