Tuesday 17 March 2015

Jalur Pendakian Gunung Sindoro via Sigedang

Gunung Sindoro? Tentu saja banyak diantara kalian yang sudah tahu atau mengenalnya atau bahkan justru sudah pernah mendaki kesana?

Gunung Sindara atau biasa disebut Sindoro atau juga Sundoro merupakan sebuah gunung vulkano aktif yang terletak di Jawa Tengah, tepatnya di antara Temanggung dan Wonosobo. Gunung Sindoro terletak berdampingan dengan Gunung Sumbing layaknya Gunung Merapi dan Gunung Merbabu. Keduanya berdiri kokoh di batas Temanggung sebelah barat dan sebelah timur kota Wonosobo. Gunung ini memiliki ketinggian 3.153 Mdpl.


Untuk mendaki Gunung Sindoro via Sigedang kita perlu menuju Wonosobo, Jawa Tengah. Untuk sampai kesana kita bisa naik bus jurusan Dieng dan turun di pertigaan Tambi. Setelah itu kita naik angkot atau ojek untuk sampai di Desa Sigedang. Sesampainya disana kita perlu melakukan perijinan pendakian. Jika membawa motor atau mobil kita bisa menitipkannya di rumah Pak Amin yang dianggap sebagai juru kunci Gunung Sindoro. 


Jalur Pendakian

Perjalanan dari basecamp menuju pintu masuk kebun teh Sikatok menyusuri jalan aspal, kita bisa naik ojek atau berjalan kaki. Perjalanan ini memerlukan waktu sekitar 20 menit dan kita akan sampai di pertigaan kebun teh Sikatok yang merupakan pintu masuk jalur pendakian ke Puncak Sindoro. 
Dari pertigaan menuju Pos 1 dapat ditempuh dengan waktu sekitar 20 menit dengan menyusuri jalan setapak melintasi tengah kebun teh. 
Pos 1 merupakan pondok teh yang terletak di tepi jalan makadam.

Dari Pos 1 menuju Pos 2 (Gardu Pandang) dapat ditempuh dengan waktu sekitar 30 menit berjalan melalui jalan setapak yang masih di tengah-tengah kebun teh. Setelah sampai di Pos 2kita dapat melanjutkan menuju Pos 3.
Pos 3 merupakan batas akhir dari perkebunan teh dan ilalang. Dari sini jalur pendakian melalui medan yang terbuka dan cenderung menanjak selama 3 jam, kemudia kita akan tiba di Tebing Jeblugan Alit atau yang lebih dikenal dengan Watu Susu.

Dari Watu Susu ke Alun-alun atau Sabana dapat ditempuh dengan waktu sekitar 1,5 jam. Alun-alun merupakan padang rumput luas yang biasaya dipakai sebagai tempat camp bagi para pendaki. Perjalanan selanjutnya dari sabana menuju Pasar Setan ditempuh dengan waktu 10 menit saja. Tidak jauh dari Pasar Setan terdapat makam Jogo Negoro.

Dari Pasar Setan sendiri, untuk menuju Puncak Gunung Sindoro memerlukan waktu sekitar 20 menit dengan melalui jalan berbatu dan menanjak. Disini terhampar luas dataran yang terdiri dari sabana. Dari kejauhan kita dapat melihat beberapa gunung seperti Gunung Sumbing yang memang letaknya berdampingan dengan Gunung Sindoro. Kita juga bisa melihat Gunung Merapi dan Merbabu, serta samar-samar terlihat Gunung Slamet.



Perjalan dari Sigedang sampai di Puncak Sindoro dibutuhkan waktu sekitar 6-7 jam dan waktu turun 3-4 jam. Bagi Anda yang tak terbiasa naik gunung pastikan membawa perlengkapan standar pendakian seperti jaket hangat, karena suhu udara pada pagi hari bisa mencapai 2 C. Sementara itu sepanjang perjalanan kita tidak akan menemukan sumber mata air, jadi sangat disarankan untuk membawa persediaan air secukupnya dari bawah. 

Bagikan

Jangan lewatkan

Jalur Pendakian Gunung Sindoro via Sigedang
4/ 5
Oleh

Subscribe via email

Suka dengan artikel di atas? Tambahkan email Anda untuk berlangganan.