Wednesday 25 March 2015

Waspada Bahaya Babi Hutan di Gunung

Babi Hutan ? Babi hutan adalah salah satu jenis spesies hewan yang ada di Indonesia. Nama babi hutan sendiri disematkan karena merupakan spesies babi liar yang hidup di hutan. Populasi babi hutan di Indonesia masih sangatlah banyak mengingat Indonesia mmpunyai habitat yang baik untuk babi hutan. 
Babi hutan masih banyak kita temukan di wilayah pegunungan di Indonesia sewaktu kita mendaki gunung. Mereka biasanya berada di gunung yang mempunyai hutan masih lebat. Babi hutan sebenarnya malah jarang menampakkan dirinya di depan para pendaki karena mereka akan merasa terganggu jika pendaki gunung datang menghampirinya.


Ketika kita mendaki, kita juga sering menemukan kotoran babi hutan di sepanjang jalur pendakian. Itu menandakan bahwa mereka juga sering melewati jalur pendakian untuk mencari makanan. Terkadang memang sering pendaki melihat babi hutan melintas sekilas atau sedang berkeliaran. Ketika mulai merasakan kehadiran pendaki babi hutan akan langsung lari menuju hutan atau semak-semak yang lebat. 

Saat berada di gunung kita perlu waspada dan berhati-hati, karena meskipun kabarnya babi hutan tidak akan mengganggu atau menyerang manusia, bisa saja sewaktu-waktu hal itu terjadi. Karena sudah banyak kasus yang terjadi pada para pendaki gunung di Indonesia. Ada beberapa kasus yang mengatakan babi hutan masuk dan menerjang tenda para pendaki.

Dari kasus yang terbaru terjadi di Gunung Sumbing dan Sindoro baru-baru ini. Babi hutan menerobos dan menerjang tenda, hingga menyebabkan pendaki di dalamnya terluka. Tendapun hancur dan porak poranda. Di Gunung Sindoro pun sangat sering terjadi hal seperti itu. Kebanyakan babi hutan terdapat di pos 2 dan pos 3. Namun semua itu bukanlah alasan untuk tidak mendaki gunung lagi, melainkan seharunya kita jadikan pelajaran dan pengalaman berharga.


Alam tetaplah alam, kadang akan bersahabat dengan kita, tapi terkadang juga akan menjadi sesuatu yang membahayakan diri kita jika kita tak waspada dan menyepelekannya. Tetaplah berhati-hati dan selalu waspada dimanapun kita berada, karena apapun bisa terjadi kapan saja tanpa kita sadari.
Teruslah mencintai dan melestarikan alam ini, karena bukan tidak mungkin sesuatu hal buruk terjadi pada kita karena mereka marah dan melampiaskannya pada kita akibat habitat atau lingkungannya tidak kita jaga dan malah kita rusak. 

Dengan berbuat baik tentunya sesuatu yang baik akan datang pada kita :D

Bagikan

Jangan lewatkan

Waspada Bahaya Babi Hutan di Gunung
4/ 5
Oleh

Subscribe via email

Suka dengan artikel di atas? Tambahkan email Anda untuk berlangganan.