Thursday 16 April 2015

Mendaki Gunung Lawu via Cemoro Sewu

Gunung Lawu adalah salah satu gunung dari banyak gunung yang terdapat di Pulau Jawa. Bagi sebagian besar pendaki gunung tentunya sudah tidak asing lagi dengan gunung yang berketinggian 3.265 mdpl ini. Gunung Lawu merupakan gunung yang sudah tidak aktif lagi atau mati. Gunung Lawu terletak di perbatasan antara Jawa Tengah dan Jawa Timur.

Untuk mendaki Gunung Lawu terdapat tiga jalur yakni Jalur Cemoro Kandang yang berada di Kabupaten Karanganyar Jawa Tengah. Jalurnya agak panjang namun dengan medan yang lebih landai. Yang kedua Jalur Cemoro Sewu yang berada di Kabupaten Magetan Jawa Timur yang jaraknya hanya 500 meter dari Cemoro Kandang. Jalur Cemoro Sewu memiliki trek yang agak menanjak tapi dengan waktu tempuh yang cukup singkat. Yang ketiga yaitu Jalur Candi Cetho, jalur ini merupakan jalur pendakian terbaru untuk mendaki Gunung Lawu. Banyak yang tidak memilih jalur ini meskipun memiliki pemandangan yang lebih indah dibanding kedua jalur di atas, tapi dengan jarak tempuh yang paling panjang. 


Jalur Pendakian via Cemoro Sewu

Jalur Cemoro Sewu berupa jalur berbatu yang sudah tertata rapi sampai ke puncak. Jalur ini bisa dibilang jalur yang paling ramai yang dipilih oleh para pendaki.


Basecamp - Pos 1
Basecamp Cemoro Sewu terletak diketinggian 1.600 mdpl. Dari gerbang masuk basecamp cemoro sewu perjalanan dimulai dengan melewati jalur makadam atau batu yang sudah tertata. Disini kita melewati pohon-pohon cemara yang rimbun dengan medan yang masih landai. Untuk menuju Pos 1 diperlukan waktu sekitar 1 jam. Di Pos 1 terdapat sebuah bangunan beratap seng dan biasanya juga digunakan untuk menjual makanan oleh masyarakat sekitar.


Pos 1 - Pos 2
Dari Pos 1 menuju Pos 2 perjalanan masih berupa jalan batu karena memang sampai puncak jalannya sudah berupa batu seperti ini. Dari sini medan sudah mulai menanjak tapi masih terbilang banyak yang landai. Diperlukan waktu sekitar 90 menit untuk mencapai Pos 2. Di Pos 2 kondisinya hampir sama dengan Pos 1 yakni ada sebuah bangunan beratap seng atau shelter yang bisa kita gunakan untuk beristirahat. Disini juga ada tempat datar yang bisa kita gunakan untuk mendirikan tenda.



Pos 2 - Pos 3
Untuk menuju Pos 3 medan yang ditempuh sudah semakin menanjak. Hampir tidak ada jalan landai. Diperlukan waktu sekitar 1 jam berjalan untuk sampai di Pos 3. Di Pos ini juga terdapat shelter yang bisa kita gunakan untuk beristirahat dan mendirikan beberapa tenda.




Pos 3 - Pos 4
Selepas Pos 3 jalur semakin menanjak lagi. Tidak ada sama sekali jalur landai. Disini ketinggian sudah mencapai sekitar 2.800 mdpl. Semakin dekat dengan Pos 4 maka akan ditandai dengan adanya pegangan besi yang berada di samping kanan kiri jalur pendakian. Di Pos 4 ini tidak terdapat shelter dan hanya ada papan bertuliksa Pos 4. Ukuran Pos 4 ini sangat sempit hanya cukup untuk 1 atau 2 tenda saja. Diperlukan waktu sekitar 1 jam dari Pos 3 menuju Pos 4.


Pos 4 - Pos 5
Untuk menuju Pos 5 dari Pos 4 hanya diperlukan waktu sekitar 10-15 menit saja mengingat jaraknya memang berdekatan. Di Pos 5 ini terdapat beberapa warung yang menjual makanan dan minuman. Disini kita juga bisa mendirikan tenda karena areanya yang luas.

Pos 5 - Sendang Drajat
Jika di Pos 5 tempat untuk mendirikan tenda sudah penuh, maka kita bisa melanjutkan perjalan ke Pos Sendang Drajat yang hanya butuh waktu sekitar 10 menit saja dengan jalur yang landai. Di Sendang Drajat terdapat sumber mata air bersih yang bisa kita gunakan untuk memasak dan mengisi air minum. 
Di Sendang Drajat juga terdapat sebuah warung yang menjual makanan dan minuman. Tidak jauh dari Sendang Drajat juga ada warung yang sangat terkenal dikalangan pendaki yakni Warung Mbok Yem. Sama dengan warung yang lainnya, di warung Mbok Yem ini juga menjual makanan dan minuman serta pendaki bisa mendirikan tenda disekitar sini. Disini adalah spot terbaik yang terbaik untuk melihat sunrise di Gunung Lawu.

Sendang Drajat - Puncak Hargo Dumilah
Untuk menuju puncak hanya diperlukan waktu sekitar 30 menit dengan medan yang cukup menanjak. Di Puncak Lawu terdapat sebuah tugu triangulasi sebagai tanda Puncak Gunung Lawu. Di puncak kita bisa melihat pemandangan Gunung Merbabu dan Merapi di sebelah barat serta pemandangan Gunung Arjuno - Welirang di sebelah timur.




Bagikan

Jangan lewatkan

Mendaki Gunung Lawu via Cemoro Sewu
4/ 5
Oleh

Subscribe via email

Suka dengan artikel di atas? Tambahkan email Anda untuk berlangganan.

1 comments:

Tulis comments
avatar
3 March 2016 at 00:07

Mendaki gunung Lawu dapat dilalui dengan jalur pendakian Cemoro Sewu. Gunung ini merupakan salah satu gunung yang terdapat di Pulau Jawa. Terima kasih untuk informasinya mengenai mendaki gunung Lawu melalui Cemoro Sewu.

Reply