Thursday 5 February 2015

Daftar Gunung yang Mudah Didaki untuk Pemula

Gunung-gunung yang ramah untuk didaki pendaki pemula


Buat kamu yang suka mendaki gunung tapi belum pernah sama sekali mendaki. Gak ada salahnya kamu mencoba gunung-gunung berikut ini sebelum kamu mendaki gunung yang memang terkenal ekstrim.
Berikut adalah gunung-gunung yang mudah didaki buat kalangan pendaki pemula :

1. Gunung Nglanggeran, Yogyakarta (700 mdpl)


Kalau kamu sedang berlibur di Yogyakarta jangan lupa untuk mengunjungi Gunung Nglanggeran yang terletak di Kabupaten Gunung Kidul, DIY. Gunung ini merupakan gunung api purba yang terbentuk dari susunan karst yang menjadi ciri daerah Gunung Kidul. Untuk mencapai desa Nglanggeran kamu cukup menempuh perjalanan selama kurang lebih satu jam menggunakan kendaraan bermotor.
Gunung ini pas banget buat kamu yang baru pertama kali mendaki gunung. Dengan ketinggian yang cuma 700 mdpl dan medan yang landai, cuma dibutuhkan waktu 1 jam untuk sampai di puncak. Puncak di sisi selatan cocok buat dijadikan tempat camping.

2. Gunung Andong, Jawa Tengah (1.762 mdpl)


Gak jauh dari Yogyakarta, tepatnya di Magelang, Jawa Tengah ada juga gunung yang cocok buat belajar mendaki pertama kali yakni bernama Gunung Andong. Gunung ini tingginya 1.762 mdpl, tapi menawarkan pemandangan yang menawan dengan view gunung merbabu yang paling dekat. Kamu gak usah khawatir tersesat di sini, bahkan jika kamu mendaki hanya seorang diri karena jalurnya mudah dan jelas dilengkapi sejumlah papan penunjuk.

Dari basecamp sampai ke puncak cuma butuh waktu sekitar 1,5 jam berjalan kaki. Di atas kamu bisa menemukan puncak menyerupai punuk sapi. Untuk bisa mencapai puncak punuk sapi tersebut, kamu harus cukup bernyali karena harus melewati jalan setapak yang sempit dengan jurang di kiri kanannya.

3. Gunung Papandayan, Jawa Barat (2.265 mdpl)


Gunung yang terletak di Garut, Jawa Barat ini mempunyai pesona sendiri. Dalam perjalanan menuju puncak kamu akan disuguhkan pemandangan beberapa kawah belerang seperti Kawah Mas, Kawah Baru, Kawah Nangklak dan Kawah Manuk. Ada pula padang Edelweis luas yang bernama Tegal Alun, sebelum kamu akhirnya mencapai puncak dan menemukan Kawah Papandayan. Kamu juga akan menemukan pemandangan keren sekaligus mistis di hutan mati.

Meski katanya cocok buat pemula, tetap gak boleh merehkan gunung ini. Butuh waktu sekitar 4 jam untuk mencapai puncak Gunung Papandayan yang terletak di ketinggian 2.265 mdpl melalui trekking yang landai. Tetapi tetap siapkan stamina dan perbekalanmu sebelum mendaki.

4. Gunung Gede, Jawa Barat (2.958 mdpl)


Gunung Gede yang menjadi bagian dari Taman Nasional Gunung Gede Pangrango di Jawa Barat adalah salah satu gunung favorit para pendaki baik yang pemula maupun yang sudah berpengalaman. Di perjalanan kamu bisa menemukan berbagai lokasi menarik seperti air terjun Cibeureum, sumber air panas, telaga maupun padang edelweis.

Untuk sampai ke puncak Gunung Gede yang tingginya 2.958 mdpl kamu yang masih pemula disarankan mengambil jalur Cibodas yang treknya cukup landai dengan waktu tempuh sekitar 6 jam. Jangan lupa bawa peralatan yang diperlukan karena perlengkapanmu akan dicek petugas sebelum kamu mulai mendaki.

5. Gunung Prau, Jawa Tengah (2.565 mdpl)


Gunung Prau adalah salah satu gunung dengan puncak terluas di Indonesia sehingga tempat ini menjadi tempat favorit pendaki atau pecinta alam untuk camping sambil menanti matahari terbit. dari puncaknya kamu bisa melihat pemandangan puncak Gunung Sindoro, Sumbing, serta Merapi dan Merbabu dari kejauhan.

Jalur trekking tersingkat bisa kamu lewati dari basecamp Desa Patak Banteng, Dieng Wonosobo. Cukup dengan melibas medan yang agak curam selama kurang lebih 2 jam kamu bisa menginjakkan kaki di puncak yang tingginya 2.565 mdpl.

6. Gunung Ungaran, Jawa Tengah (2.050 mdp)


Gunung Ungaran terletak di Kabupaten Semarang, Jawa Tengah, sekitar 40 km dari kota Semarang. Gunung ini memiliki tiga puncak yaitu : Gendol, Botak dan puncak tertingginya Ungaran yang tingginya 2.050 mdpl. Untuk sampai di puncaknya kamu perlu trekking selama 4 jam melalui jalur Jimbaran. Jalurnya landai, tapi akan semakin curam ketika kamu hampir sampai di puncak.

Sepanjang perjalanan kamu akan disuguhi pemandangan hutan serta kebun teh. Selain itu waspadailah cuaca buruk jangan memaksa ke puncak gunung kalau memang kondisinya gak memungkinkan.


7. Gunung Ijen, Jawa Timur (2.443 mdpl)


Ke ujung timur pulau Jawa tepatnya di kabupaten Banyuwangi, Jawa Timur terdapat gunung yang cocok untuk didaki oleh pemula yaitu Gunung Ijen. Di sini kamu bisa menikmati indahnya pesona kawah ijen di ketinggian 2.443 mdpl. Gak hanya itu kamu juga bisa menikmati aktivitas penambang belerang. Di malam hari kamu juga bisa menikmati indahnya fenomena api biru kawah ijen.

Dari pos pendakian Paltuding kamu cuma butuh waktu sekitar 2 jam untuk sampai di puncaknya. Tapi hati-hati karena medannya berpasir dan lumayan curam pada beberapa titik di jalur pendakian.


8. Gunung Batur, Bali (1.717 mdpl)


Nah kali ini kita sedikit menyeberang ke timur pulau Jawa, yaitu di Pulau Bali, tepatnya di daerah Kintamani. Kamu bisa menjajal pendakian ke Gunung Batur dengan ketinggian 1.717 mdpl. Gunung Indah yang satu ini termasuk ramah buat pendaki pemula. Tapi keindahan jangan ditanya, pastilah bakal membuatmu terkagum-kagum.

Di puncak Gunung Batur kamu akan menemukan satu kaldera terindah di dunia dengan Danau Batur dengan pusatnya. Untuk sampai di atas hanya diperlukan waktu sekitar 2-3 jam dengan medan tidak terlalu sulit. Pastikan kamu memburu sunrise di puncak, karena akan sangat indah bila kamu bisa mendapatkan sunrise di puncaknya.


9. Gunung Lawu, Perbatasan Jawa Tengah - Jawa Timur (3.265 mdpl)


Jangan ciut dulu dengan sosok Gunung Lawu yang menjulang setinggi 3.265 mdpl. Gunung yang terletak di perbatasan Jateng dan Jatim ini cukup ramah bagi pendaki pemula. Kamu gak perlu cemas dengan medannya karena medannya relatif mudah dan aman. Selain itu sudah tersedia bangunan beratap di setiap pos, sehingga memungkinkan pendaki untuk berteduh dan beristirahat.

Ada tiga jalur pendakian yang bisa kita lalui yaitu : Jalur Cemoro Sewu, Cemoro Kandang, dan Candi Ceto. Buat pendaki pemula yang ingin muncak disarankan mengambil jalur cemoro sewu yang jarak tempuhnya lebih pendek. Yang unik di pos 5 sebelum puncak terdapat sebuah warung yang menjajakn makanan, jadi kamu gak perlu takut kelaparan. Saat turun barulah kamu mengambil jalur cemoro kandang karena treknya lebih aman buat lutut.

Bagikan

Jangan lewatkan

Daftar Gunung yang Mudah Didaki untuk Pemula
4/ 5
Oleh

Subscribe via email

Suka dengan artikel di atas? Tambahkan email Anda untuk berlangganan.

13 comments

Tulis comments
avatar
18 March 2016 at 20:05

Mendaki memang menyenangkan, bagi kamu yang masih pemula, ini dia perlengkapan naik gunung yang harus dipersiapkan.

Reply
avatar
2 April 2016 at 23:15

klo gunung lawu mah udh trmsuk pro gan,kyknya gunung muria lbih pntas untuk pemula...

Reply
avatar
3 April 2016 at 03:40

gunung lawu masih lumayan mudah Gan kalau lewat jalur cemoro sewu, jalan juga udah jelas dengan batuan tertata rapi.
anak smp saja banyak yg naik meskipun tanpa perlengkapan memadai.

Semua gunung intinya sama, seberapa tinggi/rendahnya, kita tidak bisa meremehkan.

Reply
avatar
23 April 2016 at 08:35

indikator pemilihan gunung yang ramah buat pendaki pemula apa aja bang? klo sekiranya ada berbagai pilihan gunung mana yang sebaiknya kita pilih buat duluan kita daki? ketinggian dulu, jarak, atau kemudahan medan pendakian dulu? thanks before

Reply
avatar
26 April 2016 at 02:23

iya makasih sarannya mbak, gunung diatas saya pilih dengan peninjauan pertama yaitu medan dan waktu tempuh mbak

Reply
avatar
20 June 2016 at 02:35

haha maaf mas, ini hanya sekedar yang saya ketahui di jawa dan bali

Reply
avatar
19 August 2016 at 16:59

Gunung prau kalo musim panas berdebu dan sangat jauh dari sumber air

Reply
avatar
2 September 2016 at 17:55

Perkenalkan, saya dari tim kumpulbagi. Saya ingin tau, apakah kiranya anda berencana untuk mengoleksi files menggunakan hosting yang baru?
Jika ya, silahkan kunjungi website ini www.kumpulbagi.com untuk info selengkapnya.

Di sana anda bisa dengan bebas share dan mendowload foto-foto keluarga dan trip, music, video, filem dll dalam jumlah dan waktu yang tidak terbatas, setelah registrasi terlebih dahulu. Gratis :)

Reply
avatar
12 December 2016 at 01:41

Gan nanya dong.... Saya sama anak istri mau naik gunung, mau saya ajarin... Target pertama papandayan... Kira-2 utk anak-2, apalagi ya ?

Reply
avatar
12 December 2016 at 01:41

Gan nanya dong.... Saya sama anak istri mau naik gunung, mau saya ajarin... Target pertama papandayan... Kira-2 utk anak-2, apalagi ya ?

Reply
avatar
12 January 2017 at 20:38

Kalo menurut saya nggak termasuk Mbak, meskipun begitu untuk pemula tergolong lumayan.
banyak kan kemarin pendaki yang meninggal sama kena hipotermia?

Reply