Sunday 12 April 2015

Tentang Mimpi Bahagia

Apa sebenarnya arti dari bahagia sesungguhnya?
Bahagia adalah sebuah kata dimana setiap insan kehidupan menginginkannya. Banyak cara untuk bahagia, tergantung bagaimana kita menyikapi setiap hal yang ada di kehidupan kita. 

Kebahagiaan gak hanya bisa didapat bagi mereka yang hidup serba kecukupan atau bergelimpangan harta saja, tapi juga bagi mereka yang hidup dengan penuh keterbatasan juga bisa meraih apa yang namanya bahagia. Setiap orang berhak untuk memperoleh bahagia atas hidupnya.




Kebahagiaan itu dimulai saat kamu berhenti membanding-bandingkan tentang apa yang kita miliki dengan apa yang mereka miliki. Nikmati saja apa yang ada karena tidak semua orang juga memilikinya.

Jalan menuju kebahagiaan itu tidaklah mulus dan lancar, melainkan penuh duri dan penderitaan. Bagi mereka yang sabar dan kuat melewatinya, kebahagiaan akn mereka dapatkan.

"Bahagia itu sederhana", lantas bagaimana caranya? Dengan mensyukuri apa yang ada dan kita punya itu sudah merupakan sebuah kebahagiaan yang bisa kita peroleh dengan cara sederhana. Beryukur atas kesehatan, rizki, kasih sayang dan semua kenikmatan yang ada.

"Bahagia itu Ikhlas", rela menerima dengan senang hati segala sesuatu yang terjadi dan mempercayai bahwa ini adalah jalan yang terbaik yang diberikan Tuhan pada kita. Apa yang sudah ditakdirkan Tuhan, kita harus bisa menerimanya, karena Tuhan tahu apa yang terbaik buat kita kedepan.

Dimana letak bahagia? Bahagia itu terletak di dalam hati manusia. Hanya hati yang dapat merasakannya. Kenapa kita gak bisa merasakan bahagia? Mungkin karena di dalam hati kita masih ada dendam, kebencian, atau iri pada orang lain. Selama kita masih menyimpan dendam dan amarah dalam hati, selamanya kita gak akan bisa merasakan bahagia sekecil apapun. Hidup hanya akan selalu dipenuhi dengan kekhawatiran dan kewaspadaan.

Bahagia memang tak bisa didefiniskan dengan kata-kata, yang jelas menurut saya bahagia itu disaat kita merasa nyaman dan senang dengan apa yang kita jalani dan kita punya saat ini. Disaat kita tidak mau pergi dari zona ini dan ingin tetap seperti ini.

"Bahagia itu pilihan" Kenapa bahagia itu pilihan ? Setiap orang memang menginginkan bahagia, tapi banyak orang yang tidak mau memilih untuk bahagia. Sejujurnya mereka yang menentukan sendiri apakah mau bahagia atau tidak. Jika mereka menginginkan bahagia, tentu saja mereka harus mau memperjuangkan kebahagiaannya.

Bahagia bukanlah masalah punya pasangan atau pacar. Disatu sisi mungkin itu memang salah satu macam bahagia yang sebagian besar orang paling inginkan, tapi bahagia bukan semata karena hal itu. Bisa menikmati hari-hari yang tersisa di kehidupan dengan sebaik-baiknya dengan melakukan hal kecil yang kita sukai itu juga merupakan bahagia. Apalagi jika kita bisa memanfaatkannya untuk hal-hal yang bermanfaat dan berguna buat orang lain. Buat saya itu adalah hal yang paling membahagiakan dalam hidup disaat kita bisa berbagi dan berguna untuk orang-orang yang kita sayangi. Terutama buat keluarga dan khususnya orang tua yang membesarkan kita.

Bahagia itu sebenarnya mudah jika kita memang benar-benar mengerti dan memahami kehidupan. Saat kita menggantungkan dan mempercayakan semuanya pada Sang Maha Pembuat Bahagia. Mulai sekarang nikmatilah hidupmu dengan sebaik-baiknya selagi bisa dan masih ada kesempatan di dunia. Jadi mulai sekarang manfaatkan dengan baik waktumu untuk bahagia.





Bagikan

Jangan lewatkan

Tentang Mimpi Bahagia
4/ 5
Oleh

Subscribe via email

Suka dengan artikel di atas? Tambahkan email Anda untuk berlangganan.