Tuesday 2 June 2015

Carica Buah Khas Dieng Wonosobo

Carica atau Karika ? Tahukah Anda? Bagi Anda yang berkunjung ke Dieng Wonosobo tentunya akan mengetahui apakah itu Carica.



Buah Carica atau yang sering ditulis Vasconcellea cundinamarcensis, Cariaca Candamarcensis, Cariaca Quercifolia adalah tanaman atau buah yang tak jauh beda dari buah pepaya, bisa dibilang kerabat pepaya. Dari pohon, daun dan buahnya pun hampir sama dengan pepaya pada umumnya, cuma bedanya buahnya lebih kecil daripada pepaya pada umumnya.
Pohon Carica juga lebih memiliki banyak cabang dan juga lebih pendek dari pepaya. Tinggi rata-rata pohon Carica 1-2 meter saja.

Di Wonosobo buah ini disebut Carica dan tumbuh subur. Tanaman ini akan sulit dijumpai dimana-mana, mungkin Anda hanya akan menjumpai di Wonosobo. Hal ini dikarenakan Carica hanya hidup di dataran tinggi basah (1.500 - 3.000 mdpl). Daerah asal Carica sendiri sebenarnya dari dataran tinggi Andes, Amerika Selatan.

Buah Carica di Wonosobo banyak dimanfaatkan dan diolah menjadi manisan. Manisan dar buah Carica ini rasanya manis dan segar. Jika Anda berkunjung ke Dieng Wonosobo wajib untuk Anda coba.
Carica sendiri cocok dikonsumsi bagi orang yang mempunyai perut lemah terhadap buah-buahan karena mempunyai sifat memperbaiki pencernaan. Carica mengandung banyak vitamin seperti vit A, vit B komplek, vit C dan vit E. Selain itu juga merupakan sumber kalsium yang baik untuk kekutatan dan pertumbuhan tulang.


Sekali lagi bagi Anda yang berkunjung ke Wonosobo jangan lewatkan untuk mencobanya.Di jamin bagi Anda yang mencobanya pasti akan ketagihan karena rasanya yang nikmat dan manis.

Bagikan

Jangan lewatkan

Carica Buah Khas Dieng Wonosobo
4/ 5
Oleh

Subscribe via email

Suka dengan artikel di atas? Tambahkan email Anda untuk berlangganan.