Sunday 21 June 2015

Tips Merawat Tenda

Mendaki gunung tentu saja identik dengan bermalam di alam, nah tentunya disitu kita membutuhkan perangkat yang bisa dibilang utama ketika mendaki gunung. Perangkat itu adalah tenda. Tenda adalah komponen penting yang harus kita bawa saat kita bermalam di alam liar. Tenda berfungsi untuk melindungi diri kita dari dingin, hujan dan terpaan sinar matahari. 




Bagi Anda yang suka sekali naik gunung atau berkemah di alam dan tentunya sering memakai tenda. Di bawah ini saya berbagi sedikit tips untuk merawat tenda :

1. Pastikan setiap habis pemakaian untuk selalu membersihkan tenda dari kotoran-kotoran yang melekat. Jika dirasa tidak terlalu kotor cukup gunakan spons basah dan sabun untuk membersihkannya. Tidak perlu dengan menyikat tenda atau dengan menggunakan mesin cuci serta mesin pengering.

2. Sehabis membersihkan atau mencuci tenda, pastikan setelah itu jemur tenda agar kering. Jangan pernah menyimpan tenda dalam keadaan basah.

3. Pastikan juga selalu membersihkan dan memeriksa frame atau tiang tenda. Kita bisa membersihkannya dengan air supaya lempengan besi yang ada tidak korosi sehingga dapat mengurangi tingkat kelenturan pada frame. 

4. Tidak hanya itu, periksa juga resleting tenda. Pastikan membersihkannya agar tetap normal.

5. Perlu juga disadari sewaktu mengeringkan tenda usahakan jangan sampai terkena sinar matahari secara langsung. Hal ini dikarenakan sinar Ultraviolet dapat mengakibatkan kerusakan pada tenda. Dalam mengeringkan usahakan cukup diangin-anginkan di tempat terbuka tetapi tidak terkena sinar matahari secara langsng.

6. Simpan tenda di tempat yang kering dan sejuk. Jangan menyimpannya di tempat yang panas dan juga tempat yang basah. Hal itu dapat memicu kerusakan pada lapisan tenda.

7. Jangan sekali-kali menggunakan tenda untuk alas tidur atau selimut jika tidak digunakan. Hal ini untuk mengurangi gesekan-gesekan antara tenda dengan alas.

8. Perlu diwaspadai ketika Anda sedang bermalam di alam dan membuat api unggun. Usahakan cukup jauh dari tenda. Karena bahan tenda sangat mudah terbakar, jadi usahakan jauhkan dari api.  Sama halnya dengan rokok, usahakan tidak merokok di dalam tenda.


Itulah sedikit tips dalam merawat tenda agar bisa lebih awet dan tidak mudah terjadi kersakan seperti apa yang tidak kita harapkan. Semoga bermanfaat dan Salam Lestari.



Bagikan

Jangan lewatkan

Tips Merawat Tenda
4/ 5
Oleh

Subscribe via email

Suka dengan artikel di atas? Tambahkan email Anda untuk berlangganan.