Monday 22 June 2015

Menghadapi Rasa Lelah Ketika Mendaki Gunung

Mendaki gunung adalah olahraga yang sangat menguras tenaga dan pikiran. Banyak orang merasa takut mendaki gunung dikarenakan takut kalau tidak kuat. Banyak orang juga yang tidak suka mendaki gunung karena menurutnya mendaki itu melelahkan dan hanya membuang-buang tenaga dan waktu.

Mendaki memang memerlukan perjuangan fisik dan hati. Untuk menggapai puncak tertinggi harus melewati banyak rintangan dan medan yang terjal. Oleh karena itu rasa lelah dan letih adalah hal yang wajar untuk manusia yang sedang mendaki gunung. 



Jika Anda merasa lelah saat naik gunung, Anda tak perlu khawatir. Di bawah ini ada beberapa cara dan tips menghadapi rasa lelah saat kita mendaki gunung. Banyak hal untuk menyiasatinya, Nah berikut ini tips-tipsnya :

- Istirahat Sejenak
Istirahat dan berhentilah sejenak, itulah hal pertama yang perlu kita lakukan saat merasa kelelahan. Jangan paksakan untuk tetap berjalan jika memang sudah tidak kuat lagi. Segera cari tempat yang datar dan rindang untuk sejenak mengisi tenaga dan mengistirahatkan tubuh. Tunggu hingga nafas kembali normal dan sudah tidak ngos-ngosan.

- Minumlah Secukupnya
Tentunya dari awal kita sudah menyiapkan perbekalan untuk dibawa. Nah minumlah air yang sudah Anda bawa secukupnya saja. Jangan terlalu banyak juga karena justru malah tidak enak pada perut sewaktu berjalan. Minumlah secukupnya untuk sekedar mengusir rasa haus dan membasahi tenggorokan. Perlu di ingat bahwa Anda harus memperhatikan persediaan air juga.

- Menjaga Ritme
Pastikan Anda menjaga ritme saat mendaki gunung. Jangan istirahat terlalu lama karena itu akan membuat kondisi tubuh kembali dingin. Tubuh yang kembali dingin perlu menyesuaikan lagi jika dibuat untuk bekerja keras. Usahakan seimbang antara istirahat dan kembali berjalan agar kondisi tubuh tetap terjaga dan seimbang. 
Atur juga langkah kaki ketika melangkah, jangan terlalu lebar karena bisa membuat Anda kelelahan. Pelan-pelan tapi pasti itu lebih baik dibanding cepat malah akan membuat semakin cepat letih dan perlu diingat perjalanan masih jauh.

- Jangan Pikirkan Jarak
Banyak dari kita sewaktu mendaki sangat terburu-buru ingin cepat sampai puncak. Dari awal kita sudah memikirkan jarak yang harus ditempuh seberapa jauh. Usahakan nikmatilah perjalanan Anda sewaktu mendaki, jangan terburu-buru . Tak perlu terlalu mengkhawatirkan berapa lama waktu yang dbutuhkan untuk sampai ke puncak, cukup nikmati saja. Dengan pemandangan alam yang indah dan Anda bisa menikmatinya, saya rasa perjalanan akan terasa cepat.

- Istirahat Bersama
Jika Anda merasa lelah dan ingin istirahat. mintalah sedikitnya 1 orang teman untuk menemani atau semua suruh berhenti untuk istirahat. Jangan sampai istirahat seorang diri di belakang. Karena resiko terlepas dari rombongan dan tersesat akan semakian besar. Usahakan kalau bisa istirahat bersama-sama, tidak ada saling tinggal-tinggalan.

- Dirikan Tenda Jika Dirasa Perlu
Jika merasa tubuh memang sudah tidak kuat lagi jangan sekalipun memaksakan untuk tetap berjalan. Bicaralah kepada teman Anda, saya rasa teman Anda akan mengerti. Batas kemampuan setiap manusia berbeda-beda, dan demi kebersamaan dan keselamatan lebih baik menunda sejenak daripada harus menanggung resiko yang besar. Dirikanlah tenda dan istirahatlah. Karena mendaki bukan semata-mata kita bisa sampai di puncak, tapi bagaimana kita bisa pulang ke rumah dengan selamat.



Baiklah sobat, di atas adalah beberapa tips menghadapi rasa lelah ketika mendaki gunung. Semuanya tergantung pada hati kita. Karena kekuatan hati menentukan segalanya. Kekuatan hati mengalahkan kekuatan fisik. Semoga Bermanfaat.

Bagikan

Jangan lewatkan

Menghadapi Rasa Lelah Ketika Mendaki Gunung
4/ 5
Oleh

Subscribe via email

Suka dengan artikel di atas? Tambahkan email Anda untuk berlangganan.