Monday 8 February 2016

Dosa Seorang Pendaki

Mendaki gunung merupakan kegiatan yang sangat menyenangkan bagi kalangan mereka pecinta alam atau yang suka berpetualangan. Banyak yang beranggapan bahwa mendaki gunung adalah sebuah hal keren dan terlihat gagah berani, padahal mendaki gunung merupakan kegiatan yang harus benar-benar dilakukan oleh orang yang mencintai alam bukan merusak alam.



Berikut ini adalah hal-hal salah yang sering dilakukan oleh seorang pendaki :

1. Mencemari Lingkungan

Menyandang nama dari pecinta alam tentunya kita harus berkomitmen sesuai nama yang disandang. Seorang pecinta alam seharusnya wajib dan turut serta dalam melestarikan dan menjaga alam ini. Termasuk menjaganya tetap bersih. Saat ini kebanyakan dari mereka yang tidak bertanggung jawab dan seakan acuh dengan apa yang telah dilakukan seperti membuang sampah sembarangan seperti dari hal kecil yakni bungkus permen dll.

2. Bersifat Acuh dan Pasif

Sifat acuh adalah sifat yang harus dihindari, mengingat bahwa mendaki gunung adalah sarana belajar untuk kita lebih peduli pada sekitar kita. Menjadi seorang pendaki harus memiliki kesadaran yang besar untuk menjaga lingkungan dan benar-benar menjadi pecinta alam yang mencintai alam ini bukan hanya sekedar penikmat alam yang tidak tau diri.

3. Melakukan Pendakian Masal yang Tidak Konservatif

Semakin maraknya aktivitas mendaki gunung dan mengexplore alam menjadikan banyak orang berbondong-bondong mengunjungi satu-persatu tempat yang terdengar hits. Lantas karena hal itu banyak dari mereka terkadang tidak memperkirakan dan memperhitungkan kapasitas akan tempat yang mau mereka datangi. Hanya asal ramai-ramai saja tapi malah merusak ekosistem.


4. Merusak Keasrian Alam

Di setiap jalur pendakian entah itu di pohon, di bangunan shelter, tugu, batu dll banyak sekali coretan-coretan yang tidak enak dilihat dan merusak keasrian dari tempat tersebut. Dengan alih-alih ingin menunjukkan dan meninggalkan kenangan bahwa mereka pernah menginjakkan kaki disini, tapi tidak tau kalau perbuatan seperti mencoret-coret merupakan hal yang tidak bertanggung jawab. 

Selain itu seperti membuang putung rokok sembarangan juga akan mengakibatkan kebakaran yang nantinya malah merusak alam.

Satu hal lagi yang sering dilakukan adalah memetik bunga Edelweiss. Seharusnya kita tidak boleh mengambil apapun dari alam entah itu kecil atau besar. Ingat bahwa tujuan utama kita adalah untuk belajar dari alam. 

Jangan rusak alam ini, karena alam ini adalah titipan anak cucu kita.!!

Bagikan

Jangan lewatkan

Dosa Seorang Pendaki
4/ 5
Oleh

Subscribe via email

Suka dengan artikel di atas? Tambahkan email Anda untuk berlangganan.