Tuesday 21 October 2014

Menggapai Mentari Gunung Prau

Negeri Sejuta Senja


Gunung Prau adalah sebuah gunung yang terdapat di Dataran Tinggi Dieng tepat berada di perbatasan Kabupaten Kendal dengan Kabupaten Wonosobo, Jawa Tengah.
Gunung ini merupakan salah satu puncak datarang tinggi dieng selain Gunung Sipandu, Gunung Pangamunamun dan Gunung Juranggrawah. Gunung ini memiliki ketinggian 2.565 Mdpl. Meskipun tergolong pendek daripada gunung-gunung seperti gunung Sindoro,Sumbing, Slamet dan Ungaran, tapi gunung ini memiliki pesona tersendiri yang tidak kalah dengan gunung yang lebih terkenal dikalangan pendaki Indonesia.

Gunung ini dapat ditempuh dari beberapa jalur alternatif pendakian. Lewat jalur utara bisa melalui Kabupaten Kendal. Dari jalur selatan yaitu lewat dataran tinggi dieng atau desa Patak Banteng. Jalur ini lebih singkat hanya sekitar 2-3 jam perjalanan yang jalurnya lumayan terjal.
Desa Petak Banteng dapat dicapai dari Kota Wonosono menggunakan bus kecil jurusan Wonosobo - Dieng.

Gunung ini merupakan salah satu puncak di Dataran Tinggi Dieng selain Gunung Sipandu, Gunung Pangamunamun dan Gunung Juranggrawah. Gunung ini memiliki kawasan hutan yang masih asri, indah dan terjaga. Di dalamnya masih terdapat berbagai tumubuhan seperti Kantong Semar, aneka tumbuhan paku dan satwa-satwa. Gunung prau termasuk gunung dengan puncak terluas di Indonesia. Di atas sana kita bisa mendirikan tenda dan menginap untuk menikmati langit malam dari puncak gunung. Pemandangan dari atas sangat indah dan menawan. Dari atas kita akan bisa melihat beberapa gunung yang terdapat di Jawa Tengah seperti Gunung Sindoro, Gunung Sumbing, Gunung Slamet dan Gunung Merbabu. Pada pagi dan sore hari kita akan bisa melihat matahari terbit dan tenggelam begitu indah. Kendati tidak terlalu tinggi, tapi gunung ini adalah salah satu gunung dengan minat pendakian yang banyak selain Gunung Bromo di Jawa Timur. Oleh karena itu nanti jika kita mendaki Gunung Prau kita akan bertemu banyak pendaki yang bahkan jauh-jauh kesini hanya demi ingin melihat indahnya pemandangan  dari puncak Prau.






Gbr. Pemandangan dari puncak 


Bagikan

Jangan lewatkan

Menggapai Mentari Gunung Prau
4/ 5
Oleh

Subscribe via email

Suka dengan artikel di atas? Tambahkan email Anda untuk berlangganan.