Sunday 19 October 2014

Perlengkapan Standar Mendaki

Daftar Perlengkapan Standar Mendaki




Dalam sebuah perjalanan atau pendakian ada beberapa hal yang harus dipersiapkan oleh seorang pendaki gunung. Beberapa diantaranya adalah tentang manajemen perjalanan, persiapan fisik dan mental sebelum mendaki, serta yang tak kalah penting adalah persiapan perlengkapan pendakian gunung. Dengan persiapan yang matang diharapkan perjalanan kita akan berjalan lancar dan sesuai yang diharapkan. Minimal kita harus membawa perlengkapan standar untuk pendakian.

Berikut daftar perlengkapan standar yang biasanya dibutuhkan saat mendaki :

Peralatan Packing
1. Tas Carrier/ Ransel
 Carrier sangatlah penting untuk seorang pendaki gunung. Pemilihan carrier yang tepat dapat membuat kita semakin nyaman dalam perjalanan. Usahakan memilih carrier yang sudah teruji kualitasnya.

2. Tas Punggung (Daypack) (Optional)
 Boleh bawa ataupun tidak juga tidak masalah. Jika masih memungkinkan sebaiknya anda membawanya. Kegunaan untuk summit attack. Untuk medan yang berat seperti Gunung Semeru atau Gunung Slamet, membawa daypack sangat disarankan.

3. Kantong Plastik
 Fungsinya untuk menjaga barang bawaan kita agar tidak basah jika terkena air meskipun kadang di carrier kita juga ada mantelnya.

4. Tas Kamera (Optional)

Pakaian 
1. Jaket Gunung
 Fungsinya pasti untuk melindungi dari hawa dingin.
2. Baju Ganti
 Bawa saja secukupnya. Hal ini untuk berjaga-jaga jika baju kita basah atau kotor. 
3. Jas Hujan
 Cuaca di gunung yang tidak menentu, apalagi setelah terjadi global warming, hujan bisa turun kapan saja meskipun pada saat musim kemarau. 
4. Topi, Sarung Tangan, Bandana
 Topi bisa berguna untuk melindungi kepala dari terik matahari, sengatan serangga dan meminimalisir kepala kita terbentur ranting/pohon. Sarung tangan berguna untuk menahan dingin dan bandana berguna untuk menyaring udara yang kita hirup.

Perlengkapan Kaki
1. Sepatu
 Fungsinya untuk melindungi kaki dari duri dan kerikil tajam, gigitan ular serta mencegah dari hawa dingin. Gunakan sepatu yang dirancang untuk mendaki gunung.
2. Sandal
3. Kaos Kaki

Perlengkapan Camping
1. Tenda
 Usahakan membawa tenda yang sanggup menampung seluruh anggota, jangan sampai kurang ataupun lebih, karena jika tenda terlalu besar pastinya akan terlalu berat.
2. Sleeping bag
 Selain jaket, sleeping bag akan menjadi peralatan andalan untuk mengusir hawa dingin yang menyerang tubuh.
3. Matras
4. Peralatan Masak
 Peralatan masak terdiri dari kompor dan bahan bakar, nestingm wadah air, dsb. Harap diperhatikan jika memeungkinkan bawalah alternatif dari alat masak yang anda bawa. Jika anda memilih kompor gas portable, saya sarankan anda juga membawa parafin atau bahan bakar lainnya. Jika sewaktu-waktu kompor yang kita bawa rusak kita tidak perlu khawatir karena sudah punya pengganti.
5. Peralatan Makan
 Piring, sendok, gelas dsb.
6. Logistik
 Usahakan kita membawa logistik yang cukup dan jika perlu bawa lebih daripada kurang. Kita pasti tidak ingin mendaki dalam keadaan perut kosong.


Perlengkapan Lain
1. Headlamp
2. Survival kit
3. Obat-obatan
4. Tissu toilet
5. lilin
6. Korek Api
7. Pisau lipat serbaguna

Bagikan

Jangan lewatkan

Perlengkapan Standar Mendaki
4/ 5
Oleh

Subscribe via email

Suka dengan artikel di atas? Tambahkan email Anda untuk berlangganan.