Wednesday 5 November 2014

Pesona Indahnya Gunung Bromo

Sejuta Keindahan Gunung Bromo 




Gunung Bromo merupakan gunung yang masik aktif dan paling terkenal sebgai obyek wisata di Jawa Timur. Gunung Bromo mempunyai ketinggian 2.392 Mdpl dan berada dalam empat wilayah, yakni Kabupaten Probolinggo, Pasuruan, Lumajang, dan Kabupaten Malang.

Bentuk tubuh Gunung Bromo bertautan antara lembah dan ngarai dengan kaldera atau lautan pasir seluas 10 km persegi. Gunung Bromo mempunyai sebuah kawah dengan garis ± 800 meter (utara-selatan) dan ± 600 meter  (timur-barat). Sedangkan daerah bahayanya berupa lingkaran dengan jari-jari 4 km dari pusat kawah Bromo.

Gbr Kawah Bromo

Bagi penduduk Bromo atau suku Tengger, Gunung Bromo dipercaya sebagai gunung suci. Setahun sekali masyarakat Tengger mengadakan upacara Yadnya Kasada. Upcara ini bertempat di sebuah pura yang berada di kaki Gunung Bromo utara dan dilanjutkan ke puncak Bromo. Upacara diadakan pada tengah malam hingga dini hari setiap bulan purnama sekitar tanggal 14 atau 15 di bulan Kasodo (Kasepuluh) menurut penanggalan Jawa.

Gbr Pura di Bromo


Jika Anda ingin melihat pemandangan matahari terbit paling indah di Tanah Air, datanglah kesini!!
Datanglah ke Gunung Bromo, Kabupaten Probolinggo, Jawa Timur. Ada sensasi tersendiri melihat matahari pelan-pelan muncul dari balik gunung dan awan terasa di bawah mata kita.
Untuk melihat matahari terbit yang paling bagus lokasinya ada di Penanjakan. Anda perlu menyewa mobil untuk mengantar Anda menyeberangi lautan pasir. Harga sewa mobil jeep biasanya 300-400 ribu per mobil.

Untuk sewa mobil ini anda bisa patungan dengan beberapa wisatawan lain karena satu mobil cukup untuk 7 orang. Anda sudah harus memesan mobil ini pada malam hari.

Jangan lupa membawa jaket, syal, sarung tangan, dan topi penutup telinga, karena selain udaranya yang begitu dingin, juga angin berhembus sangat kencang membuat Anda kedinginan. Sangat beruntung bila datang dalam keadaan cuaca tidak mendung, sehingga leluasa melihat matahari terbit.

Sekitar pukul 04.45 WIB matahari akan terbit perlahan-lahan dan kemudian Anda akan merasa sangat takjub melihat keindahan matahari terang benderang dan puncak Bromo terlihat bersebelahan dengan Gunung Batok.
Jangan kaget banyak pengunjung bertepuk tangan saat matahari muncal perlahan-lahan tsb dikarenakan keindahannya memiliki sensasi tersendiri. Kita akan merasa berada di atas awan melihat kabut di bawah menari nari di atas Gunung Bromo. Dari sini puncak Semeru jugan terlihat sangat jelas dari kejauhan membelakangi gunung Bromo.




Setelah puas foto-foto di Penanjakan, Anda bisa langsung ke kawah Gunung Bromo dengan mobil jeep yang sudah Anda sewa tadi. Mobil itu akan mengantar Anda sampai permberhentian terakhir di dekat pura di kaki Bromo.

Untuk naik ke puncak kawah Gunung Bromo Anda bisa naik tanggan sampai puncaknya, dan apabila Anda tidak mau capek, Anda bisa menyewa kuda seharga 10 ribu. Anda akan naik kuda dengan dituntun pemili kuda sehingga aman di atas pelana kudan tanpa khawatir.

Dari puncak Gunung Bromo Anda akan melihat langsung kawah yang sedikit berbau belerang. Pemandangan di bawah berupa keindahan dan hamparan lautan pasir serta pura Hindu tampak anggun di kaki gunung.

Kuda-kuda yang parkir menunggu pengunjung menyewa juga menambah keindahan pemandangan. Di sisi sebelah Gunung Bromo juga bisa di lihat Gunung Batok yang terlihat seperti bentuk kue berlapis raksasa karena gunungnya seperti berlapis-lapis.

Gbr Gunung Batok



Akses Menuju Bromo

Gunung Bromo berada dalam empat wilayah yakni : Kabupaten Lumajang, Probolinggo, Pasuruan dan Malang. Karena berlokasi di empat wilayah sehingga aksesnya sangat mudah. Berikut jalur dan rute untuk menuju Gunung Bromo :

Jalur ke Bromo dari Probolinggo
1. Tongas - Lumbang - Sukapura - Ngadisari - Cemoro Lawang - Gunung Bromo
2. Ketapang - Patalan - Sukapura - Ngadisari - Cemoro Lawang - Gunung Bromo

Jalur ke Bromo dari Malang
1. Tumpang - Gubuk Klakah - Jemplang - Penanjakan - Gunung Bromo

Jalur ke Bromo dari Pasuruan
1. Wonorejo - Wadungdowo - Tosari - Wonokitri - Penanjakan - Gunung Bromo

Jalur ke Bromo dari Lumajang
1. Senduro - Bumo - Ranu Pane - Gunung Bromo


Ingin melihat matahari terbit dan pemandangan terindah Indonesia?? Jangan lupa datang ke Gunung Bromo!

Bagikan

Jangan lewatkan

Pesona Indahnya Gunung Bromo
4/ 5
Oleh

Subscribe via email

Suka dengan artikel di atas? Tambahkan email Anda untuk berlangganan.