Saturday 7 February 2015

Bekal dan Makanan Untuk Mendaki Gunung

Menyiapkan Bekal Makanan Untuk Mendaki Gunung


Untuk mendaki gunung tentunya kita perlu melakukan banyak persiapan terhadap apa saja yang nantinya kita butuhkan saat perjalanan mendaki. Salah satu hal yang sangat penting dalam pendakian adalah menyiapkan bekal atau makanan. Tentu saja kita perlu mempertimbangkan makanan apa yang kiranya baik dan cocok dibawa atau dijadikan bekal saat mendaki. Hal yang perlu kita pertimbangkan dalam menyiapkan bekal untuk mendaki adalah sebagai berikut :

  • Tingkta Energi : Kebutuhan energi bisa meningkat hingga 50% daru kondisi normal ketika kita melakukan pendakian gunung, jadi pertimbangkan makanan yang kandungan energinya tinggi. Pilihlah makanan yang berbobot kecil tapi dengan kepadatan energi yang besar seperti cokelat, kacang-kacangan, biskuit dll.
  • Mudah disiapkan : Jika kita memasak dan hanya punya sedikit waktu serta memiliki bahan bakar maupun peralatan dapur yang terbatas, kita perlu membawa bahan makanan yang mudah diolah.
  • Bobot Ringan : Penting tentunya bagi para pendaki untuk selalu membawa makanan kita sendiri. Jika memungkinkan pilih tipe makanan kering atau dry food yang tentunya akan meringankan bawaan Anda.
  • Mudah disimpan : Jangan lupa kita untuk memilih makanan yang mudah dikemas dan memiliki masa kadaluarsa yang lama tau tidak cepat basi. Simpan makanan dalam kemasan yang rapi dan ringkas. 
  • Bervariasi : Pilihlah makanan berdasarkan selera Anda atau rekan satu tim. Bagaimanapun makanan yang kita pilih tak akan mempunyai nilai tinggi sebelum bisa masuk ke mulut kita. Oleh karena itu pilihlah makanan yang bervariasi hingga kita tidak mengalami kebosanan saat melakukan pendakian.
  • Sesuaikan isi kantong : Ingat janga lebih besar pasak dari pada tiang. Sesuaikan makanan yang akan Anda bawa dengan anggaran. 
  • Nutrisi seimbang : Pasokan nutrisi yang seimbang akan mempertahankan performa di lapangan, baik secara fisik maupun mental. Dalam perjalanan panjang pertimbangkan untuk menggunakan multivitamin dan suplemen mineral.

Berikut ini ada daftar makanan yang bisa kita bawa jadi bekal pendakian :

1. Roti Selai Kacang
 Roti Selai Kacang adalah makanan terbaik untuk dibawa saat mendaki gunung. Selain ringan dan simpel untuk dibawa, selai kacangnya juga mengandung protein yang menjaga otot agar tetap kuat dan bekerja baik, sehingga pendaki tetap kuat untuk mencapai puncak gunung.

2. Buncis dan Nasi
 Bagi penyuka kacang-kacangan, Buncis merupakan sumber protein tinggi. Buncis bisa dimasak, ditumis dan disatukan ke dalam kotak bekal bersama nasi. Menurut beberapa penelitian kapasitas antioksidan buncis secara keseluruhan lebih besar dibandingkan makanan serupa dalam keluarga kacang-kacangan seperti kacang polong atau kacang panjang.

3. Mie Instan
 Mie Instan adalah salah satu makanan paling favorit saat backpacket kemanapun dan dimanapun termasuk naik gunung. Simpel dan praktis adalah alasan mengapa mie instan sangat berguna bagi para pendaki gunung. Selain itu kuah hangatnya dapat mengurangi hawa dingin gunung yang menusuk.

4. Cokelat
 Hal yang juga penting untuk sampai ke puncak gunung adalah semangat yang harus dipacu. Jika mulai lelah dan putus asa, ternyata cokelat dapat memulihkan energi kita kembali seperti semula. Rasa manis pada cokelat dapat mengalahkan lelah dengan cepat, kefein pada kakao mengangkat semangat kembali dan lemak pada kakao adalah bahan bakat untuk mereka yang aktif naik gunung.

5. Buah
 Bawalah buah-buahan yang praktis dimasukkan dalam ransel seperti apel atau pir. Kurangi buah seperti pisang yang kulitnya dapat menambah beban sampah saat mendaki. Duduk di tebing indah sambil makan keju dan biskuti dengan irisan apel adalah cara sempurna untuk menghabiskan sore.

6. Permen
 Jika Anda gemar hikking di tempat yang beriklim sedang (negara-negara Eropa), permen adalah makanan yang dapat bertahan hidup di jalan.

7. Keju
 Keju merupakan makanan bergizi, lezat dan serbaguna. Namun Anda perlu mencari informasi tentang jenis keju apa yang tahan pada cuaca yang akan dihadapi ketikan mendaki. Keju juga sangat praktis dibawa sehingga kita dapat menyimpan keju yang banyak untuk cadangan makanan beberapa hari kedepan.

8. Biskuit
 Biskuit juga dapat kita jadikan bekal untuk mendaki, karena biskuit selain ringan dibawa dan tahan lama juga mengandung banyak karbohidrat untuk menambah energi saat berjalan.

Bagikan

Jangan lewatkan

Bekal dan Makanan Untuk Mendaki Gunung
4/ 5
Oleh

Subscribe via email

Suka dengan artikel di atas? Tambahkan email Anda untuk berlangganan.